Sabtu, 20 September 2014

Apa itu malaria?

Sabtu, 7 Juli 2012 20:49 WIB | 7.369 Views
Apa itu malaria?
Seorang petugas laboratorium sedang meneliti beberapa ekor nyamuk Malaria (FOTO ANTARA/OKA BARTA)
Jakarta (ANTARA News) - Malaria merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh protozoa dari genus Plasmodium, yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Anopheles betina.

Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2008 menyebutkan bahwa malaria telah menyerang lebih dari 500 juta penduduk dunia dan membunuh 1,5-3 juta manusia setiap tahunnya di 107 negara.

Kebanyakan penderita malaria hidup di Afrika, dengan angka kematian per tahunnya mencapai 1 juta orang dan mayoritas korban adalah anak-anak.

Prevalensi malaria juga sangat tinggi di Indonesia, terutama Indonesia bagian timur. Pada tahun 2007, tercatat sekitar 1,14 juta kasus malaria terjadi di 396 kabupaten di Tanah Air dan 80 persennya bersifat endemik.

Khusus di Papua dan Papua Barat, malaria adalah pembunuh nomor satu, bahkan melampaui "keganasan" HIV/AIDS. Posisi Papua dalam atlas malaria menunjukkan bahwa Papua adalah zona tergawat di Indonesia.

Plasmodium memiliki empat spesies yang bisa menyerang manusia, yaitu P. falciparum, P. vivax, P. malariae, dan P. ovale. Plasmodium falciparum adalah jenis yang paling berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi akut pada ginjal, hati, dan otak.

Malaria ditularkan lewat gigitan nyamuk. Malaria juga bisa menular secara langsung lewat transfusi darah, jarum suntik, dan ibu hamil kepada janinnya, demikian WHO dalam laman resminya.
(E012)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga