Rabu, 22 Oktober 2014

Eksportir mineral mentah harus penuhi lima syarat

| 4.031 Views
id syarat ekspor mineral, ekspor mineral, ekspor mineral mentah, bea keluar mineral, pajak barang tambang, bea keluar tambang, ekspor barang tambang
Eksportir mineral mentah harus penuhi lima syarat
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik (ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik pada Jumat mengatakan bahwa mulai 6 Mei 2012 perusahaan harus memenuhi lima syarat sebelum mengekspor 14 komoditas tambang mineral mentah.

Ia menjelaskan dalam hal ini perusahaan yang hendak mengekspor komoditas tambang mineral mentah harus membayar bea keluar sebesar 20 persen dan mempunyai sertifikat clear and clean atau dinyatakan sudah tidak mempunyai masalah dari Dirjen Minerba Kementerian ESDM.

Selain itu, lanjut dia, perusahaan yang bersangkutan juga harus melunasi kewajiban membayar pajak dan bukan pajak, menyampaikan rencana pengolahan dan pemurnian, serta menandatangani pakta integritas untuk tidak mengekspor mineral mentah setelah 2014 dan menjaga lingkungan.

"Setelah 2014, perusahaan tidak bisa mengelak lagi karena sudah diberikan waktu dari sekarang," katanya.

Persyaratan itu mencakup kegiatan ekspor untuk 14 komoditas tambang mineral yang terdiri atas tembaga, emas, perak, timah, timbal, kromium, platinum, bauksit, bijih besi, pasir besi, nikel, molibdenum, mangan, dan antimon.

Jero menambahkan, sampai saat ini sudah 82 dari 400 perusahaan tambang mineral yang ada sudah mengajukan proposal rencana pengolahan dan pemurnian.(K007)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga