Kamis, 21 Agustus 2014

Megawati jawab figur pemimpin nasional

Rabu, 9 Mei 2012 14:52 WIB | 3.178 Views
Megawati jawab figur pemimpin nasional
Megawati Soekarnoputri. (ANTARA)
Bogor (ANTARA News) - Presiden RI periode 2001-2004, Megawati Soekarnoputri, mengaku senang untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai figur pemimpin nasional yang dibutuhkan bagi masa depan negara dan bangsa ini.

Megawati mengemukakan hal itu menanggapi pertanyaan Eliya Christanto (15), siswa kelas X SMA Akademi Sampoerna, Bogor, Jawa Barat, dalam diskusi "Tokoh Pemimpin dengan Para Calon Pemimpin Masa Depan Indonesia", Selasa.

"Saya senang kalau ada pertanyaan seperti ini karena bisa sekalian jualan," kata putri Presiden RI periode 1945-1965, Soekarno, itu yang langsung disambut tawa peserta.

Menurut Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tersebut, kriteria pemimpin ideal sangat sulit dijawab karena harus terukur secara akurat dari berbagai segi.

Namun, ia berpendapat bahwa seseorang bisa menjadi pemimpin melalui dua jalur, yakni faktor akibat keturunan dan pendidikan.

"Faktor akibat keturunan, seperti di negara monarki, sedangkan dari jalur pendidikan adalah seperti yang Anda sekalian alami saat ini," katanya.

Mega menambahkan, calon-calon pemimpin masa depan harus dididik dengan menanamkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki.

"Saya akui kendala utama untuk menjadi pemimpin masih berkutat di masalah gender," katanya.

Oleh karena itu, ia menekankan, agar perempuan tidak merasa rendah diri untuk maju menjadi pemimpin.

"Hampir dua pertiga dunia sudah saya kunjungi, dan semua orang berdarah sama, warnanya merah baik perempuan maupun laki-laki. Jadi, tidak ada alasan bahwa perempuan tidak bisa memimpin seperti kaum pria," katanya.

Eliya mengaku cukup puas pertanyaannya dijawab langsung oleh Megawati.

"Belum begitu jelas mengenai figur pemimpin nasional yang dibutuhkan negeri ini, tapi Ibu Mega adalah sosok pemimpin perempuan yang patut dikagumi," kata siswa asal Purworejo, Jawa Tengah, itu.

Akademi Sampoerna mengundang Megawati Soekarnoputri untuk berdiskusi mengenai nilai-nilai kepemimpinan dengan murid-murid sekolah tersebut.

Menurut Direktur Pelaksana Sampoerna Foundation, Nenny Soemawinata, program itu sejalan dengan visi SMA Akademi Sampoerna, yakni mencetak calon-calon pemimpin masa depan melalui pendidikan yang berkualitas guna menghadapi tantangan global.
(T.A060)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga