Rabu, 24 September 2014

DK PBB kutuk pemboman di Yaman

Selasa, 22 Mei 2012 10:21 WIB | 7.363 Views
DK PBB kutuk pemboman di Yaman
Yaman (ANTARA News/Heppy)
PBB, New York (ANTARA News) - Dewan Keamanan PBB menyatakan mengutuk serangan bom teror di ibu kota Yaman, Sana`a yang terjadi pada Senin (21/5).

"Anggota DK mengutuk dengan sekeras-kerasnya serangan teror yang terjadi di Sana`a pada 21 Mei, sehingga merenggut banyak korban jiwa dan cedera," kata pernyataan dalam siaran pers yang disiarkan di Markas PBB, New York, Senin (21/5), sebagaimana dikutip Xinhua.

Serangan itu dilakukan oleh beberapa pembom bunuh diri yang meledakkan diri mereka selama gladi bagi parade militer mendatang yang dimaksudkan untuk memperingati ulang tahun ke-22 penyatuan Yaman.

Serangan itu dilaporkan menewaskan sedikitnya 96 prajurit dan melukai lebih dari 300 orang lagi.

"Anggota Dewan Keamanan menegaskan kembali bahwa terorisme dalam segala bentuk dan perwujudannya merupakan salah satu ancaman paling serius terhadap keamanan dan perdamaian internasional, dan setiap tindakan teror adalah kejahatan dan tak bisa dibenarkan, tak peduli apa pun alasannya, dilakukan di mana pun, kapan pun dan oleh siapa pun," kata pernyataan itu.

Di dalam pernyataan tersebut, DK juga menyampaikan kembali tekadnya untuk "memerangi segala bentuk aksi teror, sejalan dengan tanggung-jawabnya berdasarkan Piagam PBB".

Al-Qaida yang berpusat di Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri itu. Beberapa sumber yang dekat dengan kelompok tersebut mengatakan, "Serangan itu dilakukan sebagai reaksi atas serangan habis-habisan dukungan AS terhadap Al-Qaida di Provinsi Abyan, Yaman Selatan."
(C003/A011)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga