Kamis, 23 Oktober 2014

Objek wisata perlu dikemas menyambut liburan sekolah

| 3.572 Views
id liburan sekolah, pengemasan obyek wisata, promosi wisata, wisatawan pelajar, lapangan kerja
Objek wisata perlu dikemas menyambut liburan sekolah
LIBURAN SEKOLAH. Sejumlah orang memanfaatkan liburan sekolah meninkmati permandian alam Air Terjun Bantimurung, Kabupatern Maros, Sulsel, Minggu (21/6). Memasuki awal liburan sekolah, permandian alam Air Terjun Bantimurung padat dikunjungi wisatawan dalam negeri.(ANTARA/SAHRUL MANDA TIKUPADANG)
Potensi pelajar sangat besar sebagai pasar wisata pendidikan...
Yogyakarta (ANTARA News) - Objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta perlu dikemas dengan menarik guna menyambut libur sekolah karena saat itu wisatawan pelajar mengunjungi objek wisata dalam kegiatan studi tur, kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta Widi Utaminingsih.

"Wisata berbasis pelajar sekolah ini memiliki prospek baik bagi pengembangan pariwisata di daerah, apalagi kegiatan itu sudah menjadi kebutuhan mereka, karena setiap libur sekolah dipastikan diadakan studi tur,"  katanya di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, pengelola objek wisata hendaknya menangkap potensi wisatawan pelajar ini dengan mengemas objek wisatanya agar bisa menarik minat mereka berkunjung ke objek tersebut.

"Potensi pelajar sangat besar sebagai pasar wisata pendidikan, apalagi jika sekolah menjadikan studi tur sebagai bagian dari pembelajaran selama mereka menempuh pendidikan di sekolahnya," katanya.

Ia mengatakan tiap libur sekolah diperkirakan ribuan siswa sekolah dipastikan mengunjungi objek wisata di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), apalagi daerah itu termasuk salah satu destinasi wisata utama di Indonesia.

Dengan demikian, objek wisata di DIY akan menjadi tujuan utama kunjungan mereka saat studi tur. Dengan pergerakan jumlah pelajar sekolah ke DIY maka mereka tidak saja melihat-lihat objek wisata namun juga membelanjakan uangnya saat berwisata di suatu tempat.

"Jadi, kunjungan wisatawan pelajar tersebut diharapkan dapat menggerakkan roda  perekonomian masyarakat di sekitar objek wisata. Pedagang cenderamata, kuliner, maupun jasa akan memperoleh manfaatkan dari kunjungan mereka itu," kata Widi Utaminingsih yang yayasannya bergerak di bidang penelitian dan pengembangan wisata berwawasan budaya dan kebangsaan itu.

Menurut Widi Utaminingsih yang dari kegiatan tersebut diharapkan banyak bermunculan ragam objek wisata yang bisa dimanfaatkan oleh penjual jasa pariwisata, sehingga mendukung terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat kalangan bawah.

"Dengan demikian, objek wisata berbasis edukasi, seni dan budaya yang dikunjungi para siswa sekolah dapat memberikan lapangan kerja bagi warga setempat, sehingga ketika objek wisata tersebut berkembang, dapat dipetik manfaatnya oleh pemerintah dan masyarakat daerah itu," katanya.

Ia mengatakan potensi pariwisata di wilayah provinsi DIY sangat beragam dari wisata alam, desa wisata, minat khusus, wisata religius, kuliner maupun wisata pendidikan.

"Melalui promosi yang gencar, maka diharapkan jumlah kunjungan wisatawan pelajar tersebut akan terus meningkat pada masa liburan sekolah," katanya. (ANT)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga