Jakarta (ANTARA News) - Nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS melanjutkan pelemahan pada Kamis pagi, bergerak turun delapan poin menjelang penentuan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate).

Nilai tukar mata uang rupiah dalam transaksi antarbank di Jakarta pada Kamis pagi melemah menjadi Rp9.458 per dolar AS dari posisi sebelumnya, Rp9.450 per dolar AS.

Pengamat pasar dari Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih mengatakan, menilik potensi inflasi yang masih cukup rendah, BI rate mempunyai ruang turun 25 bps hingga akhir tahun.

Menurut perkiraan dia, dengan kerentanan rupiah terhadap dolar AS saat ini BI rate masih bisa bertahan di kisaran 5,75 persen.

"Nilai tukar rupiah tampaknya masih bergerak di kisaran stabil," kata dia.

Analis dari dari Milenium Danatama Sekuritas Abidin menambahkan, belum adanya sentimen baru akan mendorong nilai mata uang domestik terhadap dolar AS kembali melemah meski masih dalam kisaran yang terbatas.

Ia mengatakan, pelemahan nilai tukar dalam negeri juga dipicu oleh kecemasan yang muncul karena tidak adanya langkah dari pembuat kebijakan di Uni Eropa.

(KR-ZMF)