Srinagar, Kashmir yang dikuasai India (ANTARA News) - Satu gempa kuat mengguncang India yang dikuasai Kashmir dan daerah sekitarnya, demikian kata para pejabat setempat, Kamis.

Menurut pejabat Penanggulangan Bencana di Srinagar, ibu kota musim panas Kashmir yang dikuasai India, gempa berkekuatan 6,3 pada skala Richter terjadi Kamis pukul 19.42 waktu setempat.

"Pusat gempa berada di Hindukush di Afghanistan, yang terletak di 36,5 derajat Lintang Utara dan 70,9 derajat Bujur Timur," kata Amir Ali, koordinator kantor Manajemen Bencana di Srinagar.

Gempa itu dirasakan di seluruh Kashmir. Panik pun melanda warga yang terkena guncangan dan mereka bergegas keluar rumah serta bangunan- bangunan di Srinagar.

"Getaran membuat kami panik dan semua orang bergegas keluar dari gedung hotel," kata Aarti Bhatia, seorang turis yang sedang berkunjung.

Namun, tidak ada laporan-laporan tentang kerusakan properti atau korban jiwa yang diterima sejauh ini, demikian dilaporkan OANA.

Para ahli geologi mengatakan, India yang dikuasai Kashmir terletak di zona aktivitas seismik tinggi.

Srinagar berada pada Seismik Zona-V dan bagian lain dari India yang dikuasai Kashmir di Zona IV Gempa.

Satu gempa intensitas tinggi berukuran 7,4 pada skala Richter dengan pusat gempa di Muzaffarabad yang dikuasai Pakistan mengguncang wilayah itu pada 8 Oktober 2005, menyebabkan kerusakan skala besar dan menewaskan 80.000 orang.
(H-AK)