Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Tjahjo Kumolo mengatakan keunggulan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama pada Pilkada DKI Jakarta merupakan indikator bahwa rakyat menginginkan pemimpin yang sederhana.

"Pemilih atau yang punya hak memilih sudah muak kepada perilaku pejabat publik, pejabat negara atau pemerintahan yang menonjolkan kehidupan mewah (hedonis). Padahal mereka bukan pengusaha, pamer prestasi dengan iklan," kata Tjahjo Kumolo di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Masyarakat, kata dia, menginginkan sosok pemimpin yang tidak arogan, selalu dekat dengan kalangan bawah dengan ikhlas melayani, mendengar memperjuangkan aspirasi masyarakatnya.

Ia mengatakan informasi tentang perilaku Jokowi yang sederhana adalah kampanye yang mujarab, dibanding kampanye secara besar-besaran dengan alat peraga dan model mendekati rakyat dengan gaya selebriti.

Sementara itu, Tjahjo juga mengingatkan kepada pasangan Jokowi Basuki beserta partai pendukungnya untuk mewaspadai adanya pihak-pihak yang bermain dengan menggunakan birokrasi dan kekuasaan.

"Waspadai terhadap kemungkinan perilaku dari tangan kotor manusia dan sistem yang diputarbalikkan, karena pasti ada yang ingin pertahankan posisi secara all out dari berbagai kepentingannya," kata Tjahjo.

(Zul)