Senin, 22 September 2014

Petugas penyuluh minta Bangka Barat segera bentuk Bapeluh

Sabtu, 14 Juli 2012 14:06 WIB | 2.216 Views
Muntok, Bangka Barat (ANTARA News) - Petugas penyuluh pertanian di Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, meminta pemerintah kabupaten segera membentuk Badan Penyuluh untuk meningkatkan efektivitas kerja.

"Tanpa adanya Badan Penyuluh (Bapeluh) di tingkat kabupaten, kami sering bersinggungan dengan petugas dari penyuluh dinas lain. Tetapi jika ada badan tersendiri, kita bisa memaksimalkan kerja penyuluhan di semua bidang," kata Zulkarnaen, Petugas Penyuluh Pertanian Pangkalberas di Muntok, Sabtu.

Menurut pengalaman di lapangan, pihaknya sering bersinggungan kerja dengan penyuluh Dinas Perkebunan yang juga memiliki penyuluh sendiri, hal ini dinilai tidak efektif.

"Kalau ingin lebih efektif, Pemkab dapat membentuk terlebih dahulu Bapeluh di tingkat kabupaten dan badan tersebut menempatkan satu orang penyuluh di setiap desa yang mampu menguasai seluruh bidang seperti peternakan, pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan," kata dia.

Dengan terbentuknya Bapeluh, kata dia, Pemkab akan terbantu dari sisi anggaran pegawai karena hanya membutuhkan 63 orang penyuluh yang sudah menguasai seluruh bidang dan tempatkan satu desa satu penyuluh.

Ia mengatakan, untuk tingkat Provinsi Babel sudah terbentuk Bakorluh, namun untuk Kabupaten Bangka Barat sampai saat ini belum ada.

"Kami meminta badan tersebut segera dibentuk seiring meningkatnya minat masyarakat memanfaatkan lahan dan keinginan memaksimalkan lahan di sekitarnya," kata dia.

(KR-DSD)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga