Kamis, 23 Oktober 2014

Apakah kota anda termasuk layak anak?

| 1.806 Views
id kota layak anak
Jakarta (ANTARA News) - Konsultan Kota Layak Anak Hamid Pattilima mengatakan ada 31 hal yang dijadikan indikator Kota Layak Anak (KLA). 31 hal itu dikelompokkan lagi kedalam lima katergori.

Kategori pertama menyangkut hak-hak sipil dan kebebasan. Indikator yang ada dalam katergori ini antara lain informasi yang layak bagi anak, froum anak, dan akta bagi semua anak.

Berkaitan dengan lingkungan keluarga, Hamid mengharapkan tidak ada lagi anak berusia di bawah 18 tahun yang menikah. Selain itu, ada lembaga kesejahteraan sosial anak dan pembinaan bagi orang tua yang memiliki balita dan remaja.

Dalam kesehatan dasar dan kesejahteraan, Hamid mengatakan "tidak ada lagi gizi buruk dan meninggal ketika usia bayi." Selain itu, ada pojok ASI sehingga ibu dapat menyusui dengan aman dan nyaman.

"Pendidikan pengisian waktu luang dan kegiatan seni budaya yaitu adanya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan program wajib belajar 12 tahun," katanya dalam talkshow bertema "Bersatu Mewujudkan Indonesia Ramah Anak" di Jakarta, Selasa.

Kategori terakhir adalah perlindungan. "Kami harap anak yang mengalami masalah hukum tidak sampai ke polisi, hanya sampai tingkat kelurahan," katanya.

Ia juga mengatakan tidak ada lagi anak jalanan dan fasilitas khusus bagi anak yang memiliki keterbatasan.

(nta)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga