Sabtu, 20 September 2014

Obama peringatkan Suriah agar tak gunakan senjata kimia

Selasa, 24 Juli 2012 08:27 WIB | 2.525 Views
Obama peringatkan Suriah agar tak gunakan senjata kimia
Presiden AS Barack Obama (REUTERS/Larry Downing)
Washington (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama, Senin (23/7), memperingatkan pemerintah Suriah agar tidak menggunakan senjata kimia dalam konflik yang bertambah sengit melawan gerilyawan.

"Mengingat simpanan senjata kimia pemerintah, kami akan terus menjelaskan kepada al-Assad dan orang-orang di sekelilingnya bahwa dunia mengawasi," kata Presiden AS itu dalam pertemuan veteran AS di Negara Bagian Nevada, AS barat. Ia merujuk kepada Presiden Suriah, Bashar al-Assad.

Saat konflik di negara Timur Tengah tersebut telah memasuki bulan ke-17 dan pertempuran telah berkecamuk selama berhari-hari di Ibu Kota negeri itu, Damaskus, serta Aleppo --kota terbesar kedua di Suriah-- keprihatinan pun meningkat di Washington mengenai senjata kimia yang dimiliki negeri tersebut.

Para pejabat AS telah mendesak pemerintah "agar mengamankan simpanan senjata itu".

"Dan mereka akan dianggap bertanggung jawab oleh masyarakat internasional serta Amerikat Serikat, seandainya mereka membuat kesalahan dengan menggunakan senjata itu," Obama memperingatkan, sebagaimana dikutip dari Xinhua di Jakarta, Selasa.

Simpanan senjata kimia di Suriah, yang diduga oleh negara Barat adalah salah satu yang paling banyak, diduga meliputi zat syaraf sarin, gas mustard dan sianida.

Senjata kimia atau kuman takkan pernah digunakan dalam konflik yang berlangsung melawan kekuatan oposisi, kecuali dalam kasus agresi dari luar, kata Kementerian Luar Negeri Suriah, Senin.

Washington telah meningkatkan upaya "rahasia tapi terbatas" guna mempercepat kejatuhan Bashar tanpa menggunakan kekuatan dengan memblokir pengiriman minyak dan senjata dari Iran, sekutu kuat Suriah.

Washington juga berbagi informasi intelijen ke sekutu terdekatnya di garis depan, demikian laporan Wall Street Journal pada Senin.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga