Minggu, 27 Juli 2014

Tips liburan menyenangkan ala Opera

Selasa, 24 Juli 2012 20:05 WIB | 2.796 Views
Tips liburan menyenangkan ala Opera
ilustrasi Tempat Tujuan Wisata Raja Ampat Sebuah kapal melintas di antara gugusan pulau menonjol (lime stone) di Wayag Raja Ampat, Papua Barat. (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)
Jakarta (ANTARA news) - Opera Software, pembuat web browser Opera, menawarkan beberapa tips mempersiapkan liburan secara online maupun secara offline yang diharapkan dapat memperlancar dan menyenangkan waktu liburan.

"Melakukan tindakan back-up akan membuat kita terhindar dari kesulitan di saat berlibur dan layanan secara online dapat membantu kita juga," kata Vice President of Product di Opera Software, Jan Standal, dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, salah satu hal menyenangkan dalam berlibur adalah merasakan hal-hal baru yang berbeda, bahkan tidak disangka namun seseorang harus mempersiapkan untuk menghadapi kejutan-kejutan yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu jadwal liburannya.

Menurut dia, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat berlibur dibutuhkan persiapan lebih dari sekadar mencari tahu cuaca di lokasi tujuan wisata tetapi juga perlu dilakukan berbagai persiapan yang dapat membantu seseorang selama berlibur.

"Membuat Plan B untuk liburan akan membantu kita terhindar dari stress, bahkan jika kita kehilangan koper atau menghabiskan uang saku," katanya.

Berikut beberapa tips yang ditawarkan agar liburan semakin menyenangkan:

- Di atas awan

Biasakan untuk meninggalkan salinan dokumen perjalanan, asuransi dan nomor telepon penting pada keluarga atau teman dekat, plus siapkan satu set cadangan untuk anda sendiri. Tetapi, supaya lebih aman, scan dokumen dan simpan secara online, jadi seseorang dapat mengaksesnya dimanapun. Email dokumen diri sendiri dan keluarga terdekat, atau simpan di dalam penyimpanan online seperti Dropbox, Google Drive atau layanan simpan data lainnya.

- Bagasi (tanpa emosi)

Kehilangan bagasi adalah kejadian yang kadang terjadi, tetapi jika itu menimpa siapkan Plan B. Simpan baju cadangan di tas kabin, dan juga semua benda yang penting, seperti obat-obat pribadi, resep atau kacamata cadangan. Periksa bagasi yang hilang di Mylostbag.com. Perlu membeli pakaian baru dengan cepat? Cek konversi ukuran baju secara online untuk mengetahui ukuran baju dan sepatu yang berlaku lokal. Tidak hanya pakaian baru akan membuat seseorang sedikit lega, tetapi juga bisa menjadi cinderamata.

- Uang Saku

Beberapa hal akan dapat menyurutkan antusiasme liburan selain kehilangan uang atau kartu kredit. Untuk mengindari kehilangan atau dicuri, pisahkan uang tunai dan kartu kredit di safe deposit box pada kamar hotel (atau tempat tersembunyi lainnya) dan money belt yang dapat digunakan didalam pakaian.

Pertimbangkan juga untuk menyediakan dompet cadangan dengan uang receh dan kartu kredit yang sudah habis masa berlakunya, untuk diberikan bila terjadi penodongan atau tindak kriminalitas di lokasi wisata. Ingat juga untuk menulis nomor telephone dari penyedia kartu kredit jadi bisa dengan cepat menelephone untuk memblokir kartu kredit yang hilang sebelum dipakai oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

- Sinkronisasi halaman web

Ingin tetap online selama liburan? Beberapa browser web dapat men-sinkronisasi informasi seperti bookmarks dan password pada computer, ponsel dan tablet. Jadi, walaupun sedang berlibur, situs favorit atau halaman informasi travel yang disimpan di dalam komputer di rumah dapat juga diakses di ponsel.

- Foto liburan

Zaman untuk mengambil foto selama berlibur dan berharap roll film dapat berfungsi dengan baik ketika telah tiba di rumah sudah berlalu. Tetapi, disaat mengambil foto menggunakan kamera yang canggih atau hanya lewat ponsel, menyimpan back-up foto pada fasilitas penyimpanan foto online tetap disarankan. Cobalah layanan seperti Flickr, PhotoBucket atau bahkan di dalam album di situs jejaring sosial favorit. Dengan cara itu, jika terjadi sesuatu pada kamera atau ponsel, maka kenangan dari perjalanan liburan tetap dapat diakses saat kembali ke rumah.


- Tetap selaras dengan musik dan buku

Tidak dapat hidup tanpa musik? Cara terbaik adalah dengan mem-back up list music di external hard drive sebelum pergi berlibur. Untuk e-books, seseorang dapat menempatkan buku yang telah dibeli di perpustakaan virtual yang dapat diunduh ulang jika diperlukan. Kebanyakan toko menyimpan semua pembelian pada akun jadi meskipun perangkat terjatuh ke kolam renang, seseorang tetap dapat mengunduh ulang semua lagu dan buku favorit dari Amazon, iTunes dan dari kebanyakan aplikasi toko untuk mengunduh buku dan musik lainnya.

- Mengisi ulang

Tidak semua negara memiliki outlet pengisian power listrik yang sama. Periksa secara online jika butuh membeli adapter, dan kunjungi toko elektronik atau toko di airport untuk membeli adapter yang sesuai. Tanpa adapter, ponsel, kamera dan laptop jadi tidak bisa digunakan dan seseorang tidak akan mau menghabiskan waktu untuk mencari toko elektronik di tujuan wisata ketika bisa memulai liburan dengan berjalan-jalan, mencoba kuliner lokal atau bersantai di pantai. Jika benar-benar memerlukan, tanyakan kepada hotel untuk meminjam adapter atau kabel charger.

"Ikuti tips ini untuk menghemat waktu, uang dan stress, dan pastikan untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan dan berjalan lancar. Bersiap untuk liburan tidak hanya sekadar memeriksa cuaca dan memastikan untuk memakai baju yang sesuai," demikian Jan Standal.
(H016/N001)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca