Minggu, 21 Desember 2014

Rupiah melemah 25 poin

| 1.974 Views
id rupiah, nilai tukar rupiah, mata uang rupiah
Rupiah melemah 25 poin
Ilustrasi petugas menghitung dolar AS di tempat jual beli valas, Jakarta Pusat. (FOTO ANTARA/Fanny Octavianus)
Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat pagi, bergerak melemah 25 poin menjadi Rp9.460 dibanding posisi sebelumnya senilai Rp9.435 per dolar AS, dipicu belum adanya kebijakan bank sentral Eropa (ECB) untuk memberikan keputusan penanganan krisis.

"Hasil keputusan ECB kemarin selain tidak mengubah suku bunga patokan yang saat ini sebesar 0,75 persen, juga tidak memberikan komentar mengenai rencana pembelian obligasi pemerintah di pasar perdana," kata analis pasar uang Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Jumat.

Ia menilai, pasar merespon negatif hasil keputusan pertemuan ECB tersebut. Mata uang euro kembali melemah terhadap dolar AS dan berimbas ke rupiah.

Ia menambahkan, rencana itu pada dasarnya untuk membiayai defisit anggaran dengan cetak uang. Kemungkinan rencana itu terkendala dengan pakem dana moneter internasional (IMF)) yang mengutamakan independensi bank sentral dan bertentangan dengan rencana disiplin fiskal sebagai solusi penyelesaian krisis utang di UE.

Namun, menurut dia, dalam kondisi terdesak seperti di Uni Eropa yang mengalami fiscal trap diperlukan kebijakan yang tidak konvensional.

Pengamat Monex Investindo Futures, Johanes Ginting menambahkan, mata uang berisiko kembali melemah terhadap dolar AS di tengah perdagangan volatil setelah Presiden ECB Mario Draghi dianggap mengecewakan investor yang telah berharap akan adanya langkah konkrit untuk membendung krisis hutang zona Euro.

"Dikatakan ECB, pihaknya akan bertindak setelah pemerintah zona Euro mengaktifkan fasilitas dana talangan. Kemudian segala bentuk intervensi akan tergantung pada permintaan negara-negara bermasalah," kata dia.

(KR-ZMF)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga