Senin, 20 Oktober 2014

Clinton akan bertemu dengan Mandela

| 2.125 Views
id Hillary Clinton, nelson mandela, afrika selatan, kerja sama Amerika Serikat dengan Afrika Selatan
Clinton akan bertemu dengan Mandela
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton (REUTERS/Mohamed Abd El-Ghany)
Johannesburg (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton akan menemui pahlawan anti-aparteid (anti-perbedaan ras) Nelson Mandela. Hal itu disampaikan Kementerian Luar Negri Amerika Serikat sesaat setelah Clinton tiba di Afrika untuk lawatan Afrika.

Agenda makan siang bersama dengan mantan presiden Mandela akan dilaksanakan di Qunu, sebuah desa di tenggara Afrika.

Clinton, yang sempat menemui siswi sekolah serta presiden wanita kedua di Afrika dalam kunjungan pertamanya ke Malawi sebelum pergi ke Afrika Selatan, akan berada di Johannesburg, Pretoria dan Cape Town hingga Kamis pagi.

Ketika di Afrika Selatan, Clinton direncanakan bisa bertemu dengan staf pemerintah senior, perwakilan senior dari sektor swasta Afrika Selatan.

Kementerian Luar Negeri mengumumkan bahwa akan ada kerjasama dengan Kamar Dagang Amerika Serikat untuk memimpin delegasi sekitar 10 eksekutif senior dari Amerika Serikat dengan tiga kota yang dikunjungi Clinton.

"Afrika Selatan memiliki pasar yang yang cukup bagus untuk barang-barang dari Amerika Serikat, dan Amerika Serikat juga penting sebagai pasar ekspor serta sumber investasi luar negeri langsung untuk Afrika Selatan," sebut Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat seperti dikutip oleh AFP

Anggota dari delegasi bisnis terdiri dari senior eksekutif Black & Veatch, Boeing, Chevron, EMD/ Caterpillar, FedEx Express, GE, Symbion, Trimble, Wal-Mart, dan Zanbato.

Setelah perjalanan ke Nigeria dan Benin, Clinton akan bertolak ke Turki pada Sabtu untuk membicarakan konflik yang terjadi di Syria.

(dny)

Penerjemah: Deny Yuliansari

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga