Sabtu, 1 November 2014

10 orang calon Rektor UI

| 6.886 Views
id endriartono sutarto, rektor universitas indonesia
10 orang calon Rektor UI
Endriartono Sutarto. (ANTARA/Andika Wahyu)
"Calon rektor tidak boleh menjadi tersangka oleh KPK atau terdakwa oleh kepolisian."
Depok (ANTARA News) - Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Rektor Universitas Indonesia (UI) Endriartono Sutarto mengatakan, saat ini sudah 10 orang yang mendaftar sebagai calon rektor UI periode 2012-2017.

"Belum ada penambahan jumlah orang yang mendaftar masih 10 orang," katanya kepada ANTARA News di Depok, Rabu.

Menurut dia, banyak yang menanyakan dan mencari informasi terkait pemilihan rektor tersebut, tapi mereka belum mendaftar. Panitia masih menunggu pendaftaran hingga 31 Agustus 2012. Proses pendaftaran mulai dibuka 8 hingga 31 Agustus 2012.

Ia mengatakan, sebelumnya pansus sudah membuka pendaftaran bakal calon rektor, namun karena adanya putusan sela dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), maka pelaksanaan pemilihan rektor ditunda.

"Gugatan telah dicabut sehingga proses pemilihan bisa berjalan kembali," ujarnya.

Menurut dia, bagi bakal calon rektor yang telah mengajukan pendaftaran sebelumnya jika sudah lengkap persyaratannya maka bisa diproses selanjutnya dan pendaftaran dilakukan secara `online`.

Mantan panglima TNI ini mengatakan proses selanjutnya, yaitu klarifikasi, verifikasi, dan seleksi administrasi akan dilakukan pada 27 Agustus hingga 7 September 2012.

Ia mengatakan, masyarakat akan diminta tanggapannya tentang rekam jejak para calon rektor mulai 27 Agustus hingga 12 September 2012.

"Calon rektor tidak boleh menjadi tersangka oleh KPK atau terdakwa oleh kepolisian," jelasnya.

Mengenai masa kampanye, pihaknya memberikan waktu mulai 27 Agustus hingga 21 September 2012. "Kampanye dilakukan secara online atau cyber campaign," ujarnya.

Para calon rektor, kata dia, akan diseleksi di Senat Akademik Universitas (SAU) mulai 24 September hingga 27 September 2012 untuk memilih lima calon rektor yang diserahkan ke Majelis Wali Amanat (MWA).

"MWA akan memilih rektor pada 9 Oktober 2012," demikian Endriartono Sutarto.
(T.F006)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga