Jumat, 22 Agustus 2014

Mantan gubernur Sulsel akan diperiksa

Rabu, 22 Februari 2012 00:40 WIB | 2.917 Views
Makassar (ANTARA News) - Tim penyidik Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat merencanakan memeriksa mantan Gubernur HM Amin Syam terkait korupsi pembebasan lahan Celebes Convention Center sebesar Rp3,4 miliar.

"Kami sudah melayangkan surat untuk memintanya memberikan kesaksian karena keterangannya sangat dibutuhkan," ujar Asisten Pidana Khusus Kejati Sulselbar, Chaerul Amir di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, selain mantan Gubernur Sulsel yang akan dimintai keterangannya, mantan Kepala Bappeda Sulsel, Sangkala Ruslan juga akan dimintai keterangannya.

Menurutnya, tahapan pemeriksaan akan terus dilakukan, termasuk pemanggilan seluruh tim yang masuk dalam tim koordinasi.

"Semua yang terkait dengan kasus ini akan dimintai keterangannya agar tidak ada yang dikorbankan dalam kasus ini karena kami ingin mengungkap siapa saja yang harus bertanggungjawab," katanya.

Selama ini, penyidik kejaksaan telah memeriksa lima orang yang masuk dalam tim sembilan yakni, mantan Sektetaris Daerah Provinsi Sulsel, Andi Tjoneng, mantan Asisten I Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Tajudding Noor, mantan Lurah Mattoanging Andi Toto Pajung, mantan Camat Mariso, Agus AS, serta Sidik Salam.

Terhitung sejak 2005, kasus tindak pidana korupsi pembebasan lahan pembangunan CCC yang ditangani kejaksaan hingga kini belum bisa mengungkap secara sempurna kasus yang merugikan negara tersebut.

Mantan Asisten Bidang Administrasi Pemerintahan, Pemprov Sulsel, Sidik Salam yang divonis bebas dalam perkara ini bertindak selaku kuasa pengguna anggaran yang meloloskan dokumen dan membayarkan ganti rugi lahan kepada Hamid Rahim Sese. Padahal lahan itu adalah milik negara.  (MH/F003)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga