Jumat, 24 Oktober 2014

Indonesia akan tetap berperan dalam pembangunan global

| 5.180 Views
id pembangunan global, peran indonesia, antisipasi perubahan iklim
Indonesia akan tetap berperan dalam pembangunan global
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (FOTO ANTARA/Rumgapres-Abror/HO)
Pada tataran global, Indonesia terus terlibat aktif dan berinisiatif pada pengelolaan pembangunan yang berkelanjutan. Indonesia senantiasa berpartisipasi pada setiap pertemuan United Nation Framework on Climate Changes.
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, Indonesia akan terus berperan dalam program pembangunan global dengan menyumbangkan ide-ide praktis terkait pembangunan berkelanjutan, termasuk antisipasi ancaman perubahan iklim.

"Pada tataran global, Indonesia terus terlibat aktif dan berinisiatif pada pengelolaan pembangunan yang berkelanjutan. Indonesia senantiasa berpartisipasi pada setiap pertemuan United Nation Framework on Climate Changes," kata Yudhoyono dalam sambutan peluncuran Laporan Pembangunan Manusia Asia-Pasifik 2012 yang diterbitkan oleh Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) di Istana Negara, Kamis.

Yudhoyono menjelaskan, Indonesia akan berperan aktif dalam konferensi global di Brazil pada Juni 2012 mendatang. Indonesia dan negara-negara di kawasan Asia-Pasifik merasa terpanggil untuk menyumbangkan ide-ide praktis terkait dengan pembangunan berkelanjutan.

Selain itu, Yudhoyono juga mendapat undangan khusus dari Sekretaris Jendral PBB, Ban Ki-moon untuk berbicara dalam forum "High-level Panel of Eminent Persons".

Dalam forum itu, Yudhoyono akan berbicara bersama-sama dengan Perdana Menteri Inggris, David Cameron dan Presiden Liberia, Johnson-Sirleaf.

"Panel ini akan memberikan pandangan dan nasehat kepada Sekretaris Jendral PBB untuk mengatasi tantangan pembangunan global yang dapat menghambat pencapaian MDGs (Millennium Development Goals). Juga untuk merumuskan kerangka kerjasama internasional dan agenda baru pasca MDGs tahun 2015," katanya.

Menurut Yudhoyono, panel diharapkan juga mampu merumuskan kerangka kerja yang holistik, yang bisa mengatasi masalah pembangunan secara mendasar.

(P008)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga