Selasa, 21 Oktober 2014

Dili terus berbenah jelang pelantikan presiden

| 6.521 Views
id kemerdekaan timor, presiden timor, presiden yudhoyono
Dili (ANTARA News) - Dili terus berbenah dan mempersiapkan diri menjelang peringatan kemerdekaan dan pelantikan Jose Maria Vasconcelos sebagai Presiden Timor Leste pada Minggu nanti  (20/5).

Berbagai ruas jalan telah disemarakkan dengan sejumlah hiasan dan bendera negara Timor Timur, juga persiapan pelantikan presiden hasil pemilihan umum beberapa waktu yang lalu juga terus berjalan.

Presiden Susilo Yudhoyono telah dijadualkan hadir dalam pelantikan presiden ketiga negara itu.

Seperti yang tampak di kawasan Tasitolu, Dili, sebagai tempat upacara pelantikan akan berlangsung pada Minggu dini hari (20/5), tenda-tenda ukuran besar sudah terpasang. Demikian pula, kursi para tamu undangan sudah mulai dilakukan penataan.

Beberapa ruas jalan di sekitarnya juga tampak dibenahi selain juga sudah berdiri panggung musik yang akan menghibur masyarakat dan para tamu undangan.

Lokasi pelantikan sendiri berada di sekitar Danau Tasitolu. Selama proses pemasangan tenda besar dan juga perangkat kelengkapan lainnya berlangsung, animo masyarakat untuk menyaksikan hal tersebut juga cukup besar.

Sementara itu, di Kantor Presiden atau Palacio Presidential Nicolau Lobato, juga dilangsungkan persiapan untuk menyambut kedatangan Presiden Yudhoyono yang dijadwalkan tiba di Dili pada Sabtu pagi (19/5).

Sekitar satu peleton satuan militer negara itu berlatih hampir sepanjang hari untuk persiapan upacara kehormatan penyambutan Presiden Yudhoyono.

Sebelumnya, dalam keterangan pers Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, Yudhoyono dijadwalkan bertemu dengan Presiden Ramos Horta.  Juga menyaksikan sejumlah penandatangan nota kesepahaman kerja sama antara kedua negara. 

Presiden Yudhoyono juga akan menerima penghargaan dari pemerintah negara itu.

Selain bertemu dengan Presiden Ramos Horta, Kepala Negara juga akan bertemu dengan PM Kay Rala Xanana Gusmao, di Kantor Perdana Menteri, dan mengunjungi Taman Makam Seroja serta Makam Santa Cruz.

Pada Minggu (20/5) pagi, Presiden Indonesia akan bertemu dengan Presiden baru negara itu, Jose Maria Vasconcelos, dan menghadiri peringatan 10 tahun kemerdekaan mereka.

Presiden dan Ibu Ani Yudhoyono beserta rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Minggu siang. 

(P008/D007)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga