Jakarta (ANTARA News) - Festival Budaya Danau Sentani siap digelar pada 19-30 Juni 2012.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf), Sapta Nirwandar, dalam jumpa pers mengungkapkan Festival Danau Sentani dapat menjaring lebih banyak wisatawan berkunjung ke Papua agar dapat menggerakkan ekonomi masyarakat setempat melalui kegiatan pariwisata.

"Festival Budaya Danau Sentani merupakan kegiatan wisata budaya yang berbasis masyarakat. Festival ini bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya lokal serta menggerakan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat melalui kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Wamen Parekraf.

Ia mengjelaskan rencananya Festival Budaya Danau Sentani akan berlangsung di Pantai Kalkhote, Kampung Ohei, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Penyelenggaraan festival yang tahun ini merupakan kali kelima dengan mengusung tema One for All atau "Satu untuk Semua" dan menampilkan beragam kegiatan dan atraksi budaya.

Kabupaten Jayapura merupakan satu di antara 19 kabupaten tertua di Papua yang memiliki beraneka ragam potensi wisata alam, budaya, dan peninggalan sejarah.

Tahun ini, Festival Budaya Danau Sentani akan menampilkan tiga acara utama yakni menari di atas perahu yang diikuti sekitar 1.040 peserta dari 26 kampung adat (ondoafi), berperang di atas perahu diikuti 600 peserta dari 20 ondofi, dan parade di atas perahu dan di darat serta upacara sakral masyarakat Sentani.
(H016/A011)