Selasa, 2 September 2014

Tersangka korupsi Al Quran terima Rp4 miliar

Senin, 2 Juli 2012 19:07 WIB | 3.510 Views
Jakarta (ANTARA News) - Tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan Al Quran dan proyek laboratorium sistem komunikasi di Kementerian Agama ZD (Zulkarnain Djabbar) dan anaknya DP (Dendy Prasetya) diduga menerima Rp4 miliar.

"Nilai uang yang diperoleh oleh ZD dan DP secara total adalah Rp4 miliar dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Al Quran dan laboratorium di Kementerian Agama," kata Juru Bicara Komisi Pemberatasan Korupsi Johan Budi di Jakarta, Senin.

Status kedua tersangka tersebut menurut Johan adalah sebagai penerima dana pengadaan, namun pemberi dana masih diselidiki.

"ZD diduga ikut mengatur alokasi anggaran yaitu anggaran pembangunan laboratorium sistem komunikasi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) tahun 2010/2011 sebesar Rp31 miliar dan anggaran pengadaan Al Quran senilai Rp20 miliar tahun 2011/2012," tambah Johan.

Pihak pemberi dana masih diselidiki, tapi kemungkinan adalah pihak swasta.

"Hingga saat ini belum ada indikasi keterlibatan menteri agama, wakil menteri agama ataupun anggota dewan lain yang terlibat," jelas Johan.

Zulkarnain Djabar sebagai anggota Komisi VIII dari Fraksi Partai Golkar diduga mengarahkan pejabat di Kementerian Agama untuk memenangkan PT Adhi Aksara Abadi Indonesia dengan Dendy Prasetya yang menjabat sebagai direktur perusahaan.

Dugaan korupsi pengadaan Al Quran terjadi di Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam (Pendis) Kementerian Agama.
(D017)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga