Jumat, 19 September 2014

Pemkab Badung prioritaskan pembangunan sektor kesehatan

Kamis, 12 Juli 2012 17:09 WIB | 3.050 Views
Pemkab Badung prioritaskan pembangunan sektor kesehatan
Ilustrasi pelayanan kesehatan (ANTARA/UJANG ZAELANI)
Mangupura (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Badung memprioritaskan pembangunan sektor kesehatan sebagai upaya meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dan indeks pembangunan manusia.

"Sektor kesehatan merupakan salah satu pilar penting dalam meningkatkan human development indeks," kata Bupati Badung AA Gde Agung saat penilaian gerakan rumah sakit sayang ibu-bayi baru lahir (BRSSI-B) Provinsi Bali di RSUD Badung, Kamis.

Ia mengatakan, langkah awal menangani sektor kesehatan dengan membangun konstruksi RSUD Badung dalam tahun 2012 dilanjutkan dengan tahapan sesuai rencana pembangunan hingga rampung dalam 2015.

Dengan demikian mampu meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi para ibu dan anak, sekaligus mendukung program layanan kesehatan bagi ibu dan anak.

Upaya itu didukung dengan pelayanan pap smear, vaksin serviks dan layanan puskesmas keliling.

Bupati Gde Agung menambahkan, pembinaan kesehatan ibu dan anak serta keluarga berencana juga menjadi salah satu upaya menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Upaya secara berkesinambungan itu akan mampu menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di daerah ini, AKI di Kabupaten Badung sampai Agustus 2011 tercatat 99,4 dan AKB 4,5 per 1000 kelahiran hidup dari target MDGS.

"Itu artinya secara statistik AKI dan AKB di Kabupaten Badung lebih rendah dari AKI dan AKB di Bali," ujar Bupati Gde Agung.

Tim Evaluasi BRSSI-B Provinsi Bali dipimpin dr I Gst Lanang Wisnu Murti melakukan penilaian menyangkut berbagai hal mengenai rumah sakit sayang ibu-bayi baru lahir.
(I006/S023)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga