Rabu, 3 September 2014

Bus jatuh ke jurang di Kashmir, 16 orang tewas

Minggu, 25 November 2012 09:04 WIB | 2.018 Views
Bus jatuh ke jurang di Kashmir, 16 orang tewas
Peta daerah Kashmir, negara bagian Jammu, India. (worldatlas.com)
Srinagar, Kashmir-India (ANTARA News) - Sebuah bus penumpang jatuh ke dalam jurang di Kashmir yang dikuasai India, menyebabkan sedikitnya 16 orang tewas dan 45 orang lagi cedera.

Kecelakaan bus yang membawa penumpang ke pesta pernikahan itu, terjadi pada Sabtu malam di dekat Dudu Basantgarh di Kabupaten Udhampur, sekitar 310 kilometer sebelah selatan Srinaga, Ibu Kota Musim Panas Kashmir-India.

"Dalam kecelakaan tragis lalu lintas malam ini di Udhampur, 16 orang tewas dan 45 orang lagi cedera setelah satu bus yang membawa mereka jatuh ke jurang sedalam 250 kaki," kata juru bicara polisi yang bertugas di Kota Jammu.

Menurut laporan yang dikutip Xinhua, tak lama setelah kecelakaan terjadi, warga lokal mencapai tempat kecelakaan untuk memberi pertolongan dan membawa korban cedera ke rumah sakit. Belakangan personel polisi bergabung dengan mereka.

"Kami berusaha menolong korban cedera dan belakangan menemukan mayat dari bus yang ringsek," kata Javad Ahmad Wani, seorang warga lokal melalui telepon.

"Namun, kebanyakan korban menderita luka parah."

Menurut petugas, bus naas tersebut, JK02J-1735, sedang dalam perjalanan dari Desa Marrothi ke Basantgarh, ketika keluar dari jalan di dekat Dudu.

Penyelidikan awal menunjukkan bus itu kelebihan penumpang dan pengemudinya kehilangan kendali sewaktu melalui tikungan tajam, kata polisi.

Kecelakaan maut lalu lintas sering terjadi di wilayah pegunungan dan seringkali disebabkan oleh kendaraan yang kelebihan penumpang, kondisi jalan yang buruk dan pengemudi yang sembrono.

Kepala Menteri Kashmir yang dikuasai India Omar Abdullah dan Gubernur N N Vohra telah menyampaikan duka mereka sehubungan dengan adanya korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

Menurut pejabat departemen lalu lintas, sedikitnya 1.120 orang tewas dan 10.108 orang cedera dalam 6.644 kecelakaan lalu lintas di seluruh Kashmir yang dikuasai India tahun lalu.

(C003)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga