Rabu, 17 September 2014

Ikan kembung lebih sehat dibandingkan salmon

Selasa, 29 Mei 2012 21:28 WIB | 7.916 Views
Jakarta (ANTARA News) - Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Departemen Ilmu Penyakit Anak FKUI/RSCM, Dr. dr. Damayanti R. Sjarif, Sp.A(K), mengajak masyarakat agar mengkonsumsi ikan kembung daripada ikan salmon.

"Ikan kembung yang akrab bagi masyarakat itu kan memiliki kandungan omega3 yang paling banyak dan dibutuhkan oleh tubuh," ujar Damayanti yang meralat bahwa ikan yang mengandung omega3 tertinggi adalah ikan salmon.

Ikan kembung atau yang biasa dikenal dengan ikan makarel, tidak hanya mengandung omega3 yang tinggi, namun harganya yang terjangkau juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat menengah ke bawah.

"Ikan kembung yang sudah diolah menjadi ikan asin dan ikan kemasan dalam kaleng, masih memiliki kandungan omega3 tinggi," ujarnya. Selain ikan kembung atau yang biasa dikenal dengan ikan makarel yang mengandung banyak omega3, beberapa jenis ikan air tawar juga memiliki kandungan omega3 yang tinggi yaitu ikan lele, ikan patin, serta belut.

"Nah, ikan teri juga mengandung mineral dan nutrisi yang cukup tinggi lho. Jadi buat apa mencari makanan mahal namun tidak memberikan cukup nutrisi," imbaunya.

"Semua orang mengira ikan salmon mengandung omega 3 tertinggi, ini hanyalah strategi pasar tukang ikan karena salmon itu harganya mahal. Padahal makanan mahal sendiri belum tentu lebih sehat," kata Damayanti.
(M048)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga