Kamis, 21 Agustus 2014

Ikhwanul Muslimin klaim menang

Senin, 18 Juni 2012 20:31 WIB | 3.866 Views
Ikhwanul Muslimin klaim menang
Calon presiden dari Ikhwanul Muslimin, Mohamed Morsy, menggunakan hak suara di salah satu pos pemungutan suara saat pemilihan putaran kedua di sebuah sekolah di Al-Sharqya, 60 km dari Kairo, Mesir, Sabtu (16/6). Pemilihan presiden yang pertama kalinya dilangsungkan secara bebas berakhir pada akhir pekan ini dimana calon dari Persaudaraan Muslim Mohamed Morsy bersaing dengan Ahmed Shafik, mantan perdana menteri dari masa pemerintahan Hosni Mubarak. (REUTERS/Ahmed Jadallah)
Kairo (ANTARA News) - Ikhwanul Muslimin, kekuatan utama politik Mesir, Senin, mengklaim memenangkan pemilihan presiden Mesir yang berlangsung Sabtu dan Minggu lalu.

"Mohamed Moursi memenangi 52 persen pemilihan presiden. Hidup Presiden Mohamed Moursi!", demikian maklumat Partai Kebebasan dan Keadilan, sayap politik Ikhwanul Muslimin.

Koordinator kampanye capres Ikhwanul Muslimin, Ahmed Abdel Mokti, mengatakan, Moursi memperoleh suara tertinggi di hampir semua 27 provinsi dengan persentase 52 persen untuk Moursi dan 48 persen untuk Ahmed Shafik, Capres loyalis mantan Presiden Hosni Mubarak.

Moursi dan Shafik maju ke Pilpres tahap kedua setelah meraih suara terbanyak dalam Pilpres tahap pertama pada 23 dan 24 Mei di antara 13 Capres.

Moursi, yang juga Ketua Partai Kebebasan dan Keadilan, menyambut gembira atas hasil sementara Pilres tahap kedua tersebut.

"Ini kemenangan bagi semua rakyat Mesir. Mari kita bersama sama membangun Mesir yang sejahtera dan berwibawa," kata Moursi yang didampingi petinggi Partai Kebebasan dan Keadilan, termasuk Ketua DPR Saad Al Katatni.

Senada dengan klaim Ikhwanul Muslimin, Pusat Pemantau Independen Pilpres Mesir, "Al Intikhabaat Al Tsaurah", menyebutkan bahwa Moursi terus memimpin di sebagian besar provinsi seperti di Kairo, Iskandariyah, Almenia, Souhag, Aswan, Ismailiyah Monofiah, Fayooum, Wadil Gadid, dan Terusan Suez, dan Fayoum.

Hasil Pilpres dijadwalkan secara resmi akan diumumkan pada Kamis (21/6).

Segera setelah maklumat kemenangan Moursi itu, ribuan pendukung Ikhwanul Muslimi berkumpul di Bundaran Tahrir, pusat kota Kairo, untuk merayakan kemenangan Ikhwanul Muslimin.

"Hidup Moursi, hidup Presiden Republik Arab Mesir," begitu yelyel sahut menyahut pendukung Ikhwanul Muslimin di Bundaran Tahrir.


(M043/R010) 

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga