Kamis, 2 Oktober 2014

Pemkab Buton ambil alih pengelolaan hutan Lambusango

Jumat, 14 September 2012 08:04 WIB | 2.330 Views
Pasarwajo, Sultra (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton, Sulawesi Tenggara, mengambil alih pengelolaan kawasan hutan Lambusango yang selama ini dilakukan Yayasan Walacea karena masa kontraknya sudah berakhir.

"Kontrak kerja sama antara Pemkab Buton dan Walacea sudah berakhir tahun lalu sehingga pengelolaan kawasan Lambusango sebagai tempat penelitian flora dan fauna, diambil alih kembali Pemkab Buton," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Buton Lutfi Hasmar di Pasarwajo.

Menurut Lutfi, kawasan hutan konservasi Lambusango dihuni sekitar 400 spesies flora endemik dan 300 spesies fauna endemik terutama berbagai jenis burung dan kupu-kupu.

Keragaman flora dan fauna endemik tersebut, kata dia, telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa pascasarjana dari mancanegara melakukan penelitian di dalam kawasan tersebut.

"Setiap tahun, rata-rata sekitar 400 sampai 500 orang mahasiswa pascasarjana dari mancanegara yanga datang melakukan penelitian di kawasan hutan Lambusango," katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Buton saat ini telah mengembangkan kawasan hutan Lambusango sebagai obyek wisata pendidikan, terutama para mahasiswa yang sedang menyelesaikan kuliah, baik S1, S2 maupun tingkat doktoral.

Saat para mahasiswa tersebut berkunjung ke kawasan hutan Lambusango untuk melakukan penelitian beberapa hari, kata dia, mereka dapat menginap di rumah-rumah warga di sekitar kawasan hutan dengan sewa Rp50.000/kamar per malam.

"Seluruh rumah warga yang bermukim di sekitar kawasan hutan Lambusango, bisa digunakan para pengunjung untuk menginap, karena memang rumah-rumah mereka sudah disiapkan untuk menerima tamu yang membutuhkan penginapan," katanya.

Menurut Lutfi, para mahasiswa yang sering melakukan penelitian di dalam kawasan hutan Lambusango berasal dari Jepang, Inggris, Korea Selatan, Kanada dan Australia.

(A056)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga