Kamis, 23 Oktober 2014

Gorontalo Utara siapkan daerah sebagai produsen pangan

| 1.507 Views
id gorontalo utara, ijon, tengkulak, padi, jagung
Gorontalo Utara siapkan daerah sebagai produsen pangan
ilustrasi petani menanam padi (ANTARA/Ampelsa)
Gorontalo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, tengah mempersiapkan daerah itu sebagai produsen pangan berkualitas.

Bupati Indra Yasin, Jumat, mengaku optimis jika keinginan itu dapat terealisasi pada 2013 nanti, didukung terjadinya peningkatan produksi hasil pertanian, khususnya komoditi unggulan seperti padi dan jagung.

Saat ini petani sudah mampu meningkatkan produktivitas pertanian. Seperti produksi padi yang sebelumnya hanya 3 sampai 4 ton/hektar, kini meningkat sebanyak 7-8 ton/hektar.

Olehnya untuk mendukung pengembangan dan target peningkatan produksi hasil pertanian, maka pemerintah daerah akan mengintensifkan bantuan bagi para petani, seperti bibit, pupuk, pestisida maupun membangun infrastruktur yang memadai, seperti jalan tani, irigasi dan percetakan sawah baru.

Intensitas penyaluran bantuan pemerintah daerah di bidang pertanian, akan difokuskan pada peningkatan kesejahteraan petani, sehingga mampu menggenjot peningkatan produksi pertanian, khususnya komoditi unggulan.

Diakui bupati, pekerjaan rumah terpenting yang harus segera diatasi pemerintah daerah, adalah menghapuskan ketergantungan para petani kepada rentenir, yang disebabkan ketidakberdayaan petani dalam menyediakan kebutuhan masa tanam.

"Pemerintah harus fokus memutus rantai sistem ijon yang sangat memberatkan petani, dan berakibat pada menurunnya produktivitas hasil pertanian," ujar Bupati.

Makanya intensitas pendampingan terpadu oleh seluruh instansi teknis terkait diprioritaskan pada program pendataan kebutuhan petani yang akan memudahkan penyaluran bantuan pertanian.

Sebab petani memerlukan modal awal, agar mereka mampu memproduksi hasil pertanian dengan kuantitas dan kualitas yang optimal, untuk mendukung ketersediaan pangan yang berkualitas, sehingga mampu memenuhi target sebagai produsen pangan.

"Serta akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan seluruh petani," ujar Bupati.

(KR-MTO)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga