Sabtu, 25 Oktober 2014

Xi Jinping pimpin Partai Komunis China

| 3.278 Views
id xi jinping, hu jintao, partai komunis china, sekjen partai komunis china, pemimpin partai komunis china
Xi Jinping pimpin Partai Komunis China
Wakil Presiden CHina, Xi Jinping, terpilih menjadi Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China, posisi puncak di partai yang sedang berkuasa di China.(REUTERS/Enrique De La Osa)
...kami akan melaksanakan mandat dan kepercayaan yang diberikan itu dengan penuh tanggungjawab untuk mewujudkan China yang lebih baik...
Beijing (ANTARA News) - Wakil Presiden Republik Rakyat China, Xi Jinping, terpilih menjadi menjadi Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China, menempati jabatan puncak partai, dalam sidang pleno pertama Komite Sentral ke-18 PKC di Beijing, Kamis.

Sebagai bagian dari peralihaan kepemimpinan itu, Hu Jintao yang kini menjabat sebagai Presiden Republik Rakyat China akan mundur dari jabatan Sekretaris Jenderal yang merupakan jabatan puncak di Partai Komunis China.

Dia juga akan mundur dari jabatan Presiden dalam sidang parlemen bulan Maret tahun depan, mengakhiri 10 tahun masanya sebagai pemimpin penting China.

Sidang pleno pertama yang dilaksanakan di Balai Agung Rakyat itu juga menetapkan enam orang anggota Komite Tetap Polit Biro Partai Komunis China yang dipimpin oleh Xi Jinping yakni Li Keqiang, Zhang Dejiang, Yu Zhengsheng, Liu Yunshan, Wang Qishan, dan Zhang Gaoli.

"Saya yakin, mereka sudah sangat dikenal oleh rekan-rekan sekalian," kata Xi Jinping saat memperkenalkan diri sebagai Sekjen Komite Sentral Partai Komunis China bersama enam anggota komite tetap polit biro kepada media.

Xi Jinping dan enam orang petinggi partai lain yang terpilih menjadi anggota tetap polit biro Partai Komunis China menyampaikan penghargaan kepada seluruh pihak yang memberikan mandat dan kepercayaannya kepada mereka.

"Dan karena itu kami akan melaksanakan mandat dan kepercayaan yang diberikan itu dengan penuh tanggungjawab untuk mewujudkan China yang lebih baik, lebih sejahtera di masa datang," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa sejak terbentuk, Partai Komunis China telah banyak melakukan langkah-langkah besar yang membawa China menjadi negara yang besar, sejahtera dan makmur.

"Tetapi bukan berarti misi telah selesai, kita akan terus mewujudkan China yang lebih baik. Karena bagaimana pun dengan makin majunya partai, tantangan yang dihadapi pun tidak semakin kecil. Kita harus bisa hadapi dan selesaikan tantangan itu, khususnya masalah korupsi, birokrasi dan lainnya," jelasnya.

(R018)



Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga