Jumat, 31 Oktober 2014

China upayakan tetap unggul di cabang menembak

| 2.478 Views
id olimpiade 2012, olimpiade london, menembak, tim china, kontingen china
China upayakan tetap unggul di cabang menembak
Diaz Kusumawardhani (16), adalah satu-satunya wakil Indonesia untuk cabang menembak pada Olimpiade London 2012. (ANTARA/Fitri Supratiwi)
Emas pertama selalu sulit untuk diraih
New Delhi (ANTARA News) - Jika memperhitungkan kehadiran lima juara Olimpiade dengan peringkatnya masing-masing, maka China diperhitungkan akan tetap unggul di nomor pistol dan senapan pada Olimpiade London 2012.

Sejak naik ke puncak perolehan medali cabang menembak di Olimpiade Athena delapan tahun lalu, China mendeklarasikan statusnya sebagai negara terkuat dalam cabang menembak, meraih lima dari sepuluh medali emas yang ditawarkan dalam nomor pistol dan senapan di Beijing empat tahun lalu.

Empat peraih medali emas Olimpiade Beijing yaitu, Du Li (nomor senapan 50m tiga posisi puteri), suaminya Pang Wei (nomor pistol angin 10m), Guo Wenjun (nomor pistol angin 10m puteri), dan Chen Ying (nomor pistol 25m puteri) akan mempertahankan gelarnya di Barak Artileri Royal London.

Mereka akan bergabung dengan Zhu Qinan, juara Olimpiade Athena nomor senapan angin 10m tetapi mendapatkan medali perak di Olimpiade Beijing, sementara Yi Siling yang memecahkan rekor dunia tiga kali, Mei, nomor senapan angin 10m diunggulkan sebagai penyumbang emas Olimpiade pertama bagi China di London.

"Emas pertama selalu sulit untuk diraih. Akan tetapi beban yang dirasakan sama saja dengan tim yang lain," kata pelatih kepala Wang Yifu seperti dikutip kantor berita Xinhua.

"Saya harap seluruh atlet dapat meraih hasil yang memuaskan, dan para petembak juga berusaha keras mencapai target," katanya seperti dikutip Reuters.

Korea Selatan berharap medali emas cabang menembak dapat kembali diraih oleh juara Olimpiade Beijing Jing Jong Oh yang dikabarkan sedang berlatih setelah memenangi nomor pistol 50m, Mei, di Piala Dunia Munich.

India akan menggantungkan harapan mereka pada juara Olimpiade Beijing nomor senapan angin 10m Abhinav Bindra sementara Ronjan Sodhi menjadi pesaing tangguh nomor double trap.

Niccolo Campriani yang menang tiga emas nomor senapan 50m tiga posisi di seri kejuaraan Piala Dunia tahun ini, akan menjadi andalan Italia di Olimpiade London.

Meskipun demikian, tidak ada yang lebih terobsesi dibandingkan petembak puteri asal Amerika Kim Rhode yang sedang berburu kesuksesan meraih medali Olimpiade kelimanya.

Rhode meraih emas nomor double trap ganda pada Olimpiade 1996 dan 2004 serta satu perunggu pada 2000.

Setelah nomor double trap puteri ditiadakan, ia berpindah ke nomor menembak sasaran bergerak (skeet) dan meraih perak di Olimpiade Beijing.

(A008)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga