Senin, 22 September 2014

Profil Didier Deschamps

Senin, 9 Juli 2012 11:17 WIB | 2.890 Views
Profil Didier Deschamps
Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps (REUTERS/ Eddie Keogh )
Paris (ANTARA News) - Berikut ini data dan fakta Didier Deschamps yang dipilih sebagai pelatih tim nasional Prancis, Minggu.


Debut Nantes

* Lahir: 15 Oktober 1968 di Bayonne, Prancis, pemain tengah yang memulai debut di liga pada klub Nantes September 1985, sebelum bergabung dengan Olympique Marseille empat tahun kemudian.

* Memenangi laga internasional (cap) pertama dari 103 yang diikutinya pada 1989 untuk Prancis, ketika ia tampil sebagai pemain pengganti pada kedudukan di penyisihan Piala Dunia di kandang lawan Yugoslavia.

* Setelah bergabung beberapa waktu di Girondins Bordeaux, ia kembali ke Marseille dan menolong tim itu memenangi kompetisi liga pada 1991 dan 1992, sebelum mencapai kemenangan pada Liga Champions 1993.


Pindah ke Italia

* Pindah ke klub Italia Juventus pada 1994 dan memenangi tiga gelar Seri A sereta Liga Champions pada 1996.

* Terkenal ketika dijuluki sebagai "water carrier" oleh mantan tim setik di Prancis, Eric Cantona, yang berarti, Deschamps mengalirkan serangan sebelum memberikannya kepada pemain lain yang lebih berpengalaman.

Piala Dunia

* Kapten tim Piala Dunia Prancis di kandang sendiri pada 1998 disusul dengan kemenangan di Euro 2000 sebelum mundur dari sepak bola internasional.

* Di antara Piala Dunia dan Piala Eropa 2000 ia pindak ke klub Inggris Chelsea, tetapi meninggalkannya karena kecewa selama satu musim dan pindah ke Valencia, yang juga kurang bersinar sehingga ia mundur pada 2001.


Manajemen

* Pada 2001 ia menjadi pelatih Monaco dan memenangi Piala Liga Prancis pada 2003, sebelum membawa mereka ke final Liga Champions pada 2004 dan di kalah 0-3 atas Porto.

* Mundur pada September 2005 setelah menawali masa buruk pada musim ini.

* Kembali ke Italia dan ditunjuk sebagai pelatih Juventus pada Juli 2006 menyusul mundur dari Seri A karena terlibat skandal mengatur pertandingan. Setelah meminta beberapa pemain agar tetap bertahan, ia membawa tim itu kembali ke kompetisi tingkat atas dengan poin dikurangi sebanyak sembilan poin.

* Mundur seminggu setelah Juve dapat promosi, karena tidak sepaham dengan ofisial klub atas cara memajukan tim dalam Seri A.

Kembali ke Marseille

* Ditunjuk sebagai pengganti Eric Gerets sebagai pelatih Olympique Marseille pada musim 2009/10.

* Memenangi gelar Prancis pada musim pertama kembali ke Marseille dan membawa tim itu menjadi runners-up pada 2011, tetapi gagal membangun sukses liga, kendati tiga kali berurutan meraih gelar juara Piala Liga - ketika klub berada di urutan ke-10 kompetisi Liga pada musim lalu.

* Dipilih sebagai pelatih tim nasional Prancis, Miggu, menggantikan mantan tim nasional Laurent Blanc, yang memutuskan tidak memperpanjang kontrak setelah negaranya keluar dari perempat final Piala Eropa  2012.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Top News