Jumat, 19 September 2014

India berikrar ambil tindakan atas pembunuhan nelayan oleh pasukan AS

Rabu, 18 Juli 2012 06:28 WIB | 4.196 Views
New Delhi (ANTARA News) - India Selasa mengatakan pihaknya akan mengambil tindakan yang diperlukan dalam pembunuhan seorang nelayannya oleh personil pertahanan AS dari kapal angkatan laut AS di lepas pantai Dubai, meskipun kedutaan AS di New Delhi menyesalkan kematian itu.

"Kami akan tetap berhubungan biasa dengan Amerika Serikat dan pihak berwenang Uni Emirat Arab untuk memastikan fakta sepenuhnya dan mengambil tindakan lebih lanjut dengan tepat dalam masalah ini," kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri di ibu kota nasional, lapor Xinhua.

"Kami sangat sedih oleh hilangnya kehidupan nelayan India dan luka yang diderita oleh beberapa orang lainnya. Pikiran kami bersama dengan keluarga mereka," katanya.

Amerika Serikat telah resmi mengkonfirmasikan bahwa kapal angkatan laut Rappahannock melepaskan tembakan terhadap sebuah kapal nelayan dekat pelabuhan Jebel Ali di Dubai.

Satu nelayan India tewas dalam insiden tragis tersebut sementara tiga orang lainnya menderita luka-luka.

Sebelumnya pada hari itu, Duta Besar Amerika Serikat untuk India Nancy Powell menelepon Menteri Luar Negeri India Ranjan Mathai untuk menyampaikan penyesalan atas hilangnya kehidupan warga negara India itu.

Sumber-sumber mengatakan bahwa dia yakin bahwa pemerintah Amerika Serikat akan melakukan penyelidikan penuh atas insiden tersebut.

Dalam satu pernyataan, kedutaan AS di ibu kota India menyampaikan "belasungkawanya kepada keluarga awak kapal motor kecil yang ditembaki oleh USNS Rappahannock pada 16 Juli setelah kapal nelayan itu menurut mereka mengabaikan peringatan non-mematikan dan cepat mendekati kapal AS". (AK)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca