Sabtu, 25 Oktober 2014

Kereta Ekonomi AC Lebaran selesai pada "H-10"

| 2.857 Views
id kereta api ekonomi, angkutan lebaran, pt kai, pt inka
Kereta Ekonomi AC Lebaran selesai pada
logo pt kai (FOTO.ANTARA News)
Ditargetkan pada H-7 atau bahkan pada H-10 Lebaran, sebanyak 30 kereta ekonomi AC tersebut sudah dapat dikirim ke pusat untuk armada angkutan Lebaran tahun ini,"
Madiun (ANTARA News) - Manajemen PT Industri Kereta Api (INKA) menyatakan sebanyak 30 unit kereta kelas ekonomi yang dilengkapi dengan pendingin ruangan atau "air conditioner" (AC) pesanan pemerintah untuk Angkutan Lebaran 2012 akan selesai pada "H-10".

"Ditargetkan pada H-7 atau bahkan pada H-10 Lebaran, sebanyak 30 kereta ekonomi AC tersebut sudah dapat dikirim ke pusat untuk armada angkutan Lebaran tahun ini," ujar Humas PT INKA, Fathor Rasid, di Madiun, Kamis.

Menurut dia, dari 30 unit kereta tersebut tahap pengerjaannya sudah ada yang mencapai 90 persen, namun ada juga yang baru 50 persen proses pengerjaan.

"Kalau ditarik rata-rata, tahap pengerjaannya secara keseluruhan sudah mencapai 70 persen. Kami optimistis, 30 kereta tersebut akan selesai tepat waktu untuk memenuhi kebutuhan angkutan Lebaran tahun ini," kata Rasid.

Menurut dia, tahun ini PT INKA secara keseluruhan mendapat pesanan 50 unit kereta ekonomi AC dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Dari 50 unit kereta ekonomi AC pesanan tersebut, sebanyak 30 unit untuk angkutan Lebaran dan 20 unit lainnya untuk angkutan Natal dan Tahun Baru.

"Jumlah pesanan ini lebih banyak dari tahun lalu, dimana pemerintah hanya memesan sebanyak 13 unit kereta ekonomi AC untuk armada Lebaran tahun 2011," terangnya.

Ia menambahkan, pesanan kereta ekonomi AC ini merupakan kelanjutan proyek pengadaan kereta ekonomi atau K3 oleh pemerintah sejak 2010.

Pemerintah memang menargetkan seluruh kereta api ekonomi dilengkapi dengan AC, sehingga secara bertahap, kereta ekonomi yang lama akan diganti dengan yang baru yang dilengkapi AC.

Adapun untuk rute 30 unit kereta ekonomi AC tersebut akan ditentukan oleh Ditjen Perkeretaapian sebagai regulator dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai operator.

"Namun, diperkirakan KA ekonomi AC ini akan dioperasionalkan di Pulau Jawa. Kapasitas tiap gerbongnya sebanyak 106 tempat duduk sama seperti kereta ekonomi sebelumnya," ujar Direktur Administrasi dan Keuangan PT INKA Bambang Soendjaswono.

Pihaknya berharap, dengan pengadaan kereta ekonomi AC ini, layanan moda transportasi massal kereta semakin nyaman dan aman.

Selain pesanan 50 kereta ekonomi AC, PT INKA tahun ini juga menggarap 16 kereta pesanan dari Negara Malaysia dan 20 gerbong barang pesanan Singapura yang ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.
(ANT-072/E011)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga