Selasa, 2 September 2014

PSSI-KLB siapkan tim ke turnamen Piala AFF

Senin, 6 Agustus 2012 06:38 WIB | 10.170 Views
PSSI-KLB siapkan tim ke turnamen Piala AFF
La Nyalla Mahmud Mattalitti (FOTO ANTARA/Dhoni Setiawan)
Jakarta (ANTARA News) - Kepengurusan PSSI hasil Kongres Luar Biasa (PSSI-KLB) akan menyiapkan tim nasional untuk mewakili Indonesia ke turnamen Piala AFF yang akan berlangsung pada November mendatang.

"Kita dari PSSI hasil KLB yang didukung 442 klub, saya sudah perintahkan kepada saudara Djoko Driyono untuk membentuk Timnas untuk menghadapi Piala AFF," ujar Ketua Umum PSSI-KLB La Nyalla Mattalitti kepada wartawan saat menggelar buka puasa bersama para yatim piatu di Jakarta, Minggu.

Hal itu dikemukakan La Nyalla sehubungan dengan sikap Joint Committee (JC) dari kubu PSSI Djohar Arifin yang tak memiliki itikad baik untuk menyelesaikan urusan-urusan yang sudah parah di PSSI.

Dikatakan La Nyalla, sebenarnya sejak dari awal dirinya tidak mau menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di hadapan FIFA dan AFC pada 7 Juni lalu.

"Saya menyesal. Nyatanya sampai detik ini apa yang saya khawatirkan pada 7 Juni ternyata semua terbukti, sampai saat ini tidak ada Joint Committee dari kubu PSSI untuk menyelesaikan urusan-urusan yang sudah parah di PSSI," ujarnya.

"Tetapi karena ada lobi-lobi para petinggi FIFA, petinggi AFC, dan teman-teman saya sendiri yang memberikan pandangan kepada saya, bahwa sampai saya menandatangani itu semuanya hanya satu; ingin menyelamatkan sepakbola Indonesia agar jangan di-suspend waktu itu," ujarnya.

Dengan melihat tingkah polah anggota JC dari kubu PSSI Djohar yang memutarbalikkan fakta seakan-akan JC dari kubu PSSI-KLB yang mengulur-ulur waktu, La Nyalla menegaskan bahwa pihaknya harus melakukan tindakan nyata.

"Kita sudah tidak usah takut di-suspend. Kita tidak perlu lagi takut melanggar ini dan itu. Insya Allah kita (PSSI-KLB) akan dilegitimasi oleh FIFA," ujarnya.

La Nyalla menambahkan, pencitraan yang dilakukan Djohar Arifin dengan mendatangkan tim-tim tamu dari luar negeri sama sekali tidak berhasil membangun organisasi PSSI menjadi lebih baik dan sepakbola nasional malah makin terpuruk karena terus-menerus dipermalukan.

Malah di sisi lain, lanjutnya, pembentukan Timnas dengan memanggil beberapa pemain ISL hanya menciptakan pemain menjadi tidak mengindahkan aturan dan mengajari pemain untuk tidak menghormati aturan berorganisasi.

"Karena itu, saya meminta kepada empat anggota JC dari kubu kita untuk menyiapkan `position paper` terhadap isi MoU untuk didorong dalam pleno JC dan AFC yang memastikan semua tahapan hingga puncak agenda yaitu terlaksananya kongres," demikian La Nyalla. (ANT13/R010)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga