Senin, 28 Juli 2014

Kabupaten Gorontalo larang pemberian parsel ke pejabat

Sabtu, 18 Agustus 2012 20:07 WIB | 1.934 Views
Kabupaten Gorontalo larang pemberian parsel ke pejabat
ilustrasi bingkisan (ANTARA/Ardiansyah Indra Kumala)
Gorontalo (ANTARA News) - Pejabat pemerintahan Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, dilarang menerima parsel maupun hadiah lebaran.

Bupati David Bobihoe Akib, Sabtu, mengatakan, larangan tersebut berlaku untuk pemberian dalam bentuk parsel, hadiah, uang, fasilitas maupun pemberian lainnya dari bawahan, rekan kerja, dan rekanan maupun pengusaha.

"Apalagi mereka yang memiliki hubungan kerja dengan jabatan yang diemban para pejabat di daerah ini. Sebab parsel dan hadiah lebarani berpotensi menyalahgunakan kekuasaan, dan menimbulkan korupsi, kolusi maupun nepotism," katanya.

Larangan tersebut kata bupati, berlaku untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

Seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), diminta memantau dan segera melaporkan pejabat di lingkungan kerja masing-masing yang kedapatan menerima gratifikasi dalam bentuk apapun.

Melalui Inspektorat Kabupaten Gorontalo, pemerintah daerah akan langsung melaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), selambat-lambatnya 30 hari kerja jika ditemukan pejabat pemerintahan yang kedapatan menerima parsel maupun hadiah.

"Mereka yang tidak sengaja menerima parsel maupun hadiah lebaran, diminta segera melaporkannya kepada pihak Inspektorat, dan diimbau langsung menyumbangkannya pada fakir miskin, atau diserahkan ke panti asuhan, panti jompo, disertai dengan bukti laporan dan dokumentasi kegiatan," kata bupati.

Dia juga mengemukakan larangan menerima parsel maupun hadiah lebaran, tidak akan mengurangi jalinan silaturahmi maupun tali persaudaraaan antara pimpinan dan bawahan, sesama rekan kerja, maupun hubungan pemerintah dengan para mitra kerja.

(ANTARA)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga