Kamis, 31 Juli 2014

Pemerintah segera petakan potensi olahraga daerah

Senin, 2 Juli 2012 23:53 WIB | 2.579 Views
Pemerintah segera petakan potensi olahraga daerah
Andi Mallarangeng (FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Manado (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) segera memetakan potensi olahraga daerah sehingga nantinya setiap daerah memprioritaskan olahraga tertentu yang memungkinkan atlet daerah itu dapat berprestasi.

"Setelah Pekan Olahraga Nasional kita petakan olahraga unggulan daerah sehingga daerah tersebut menekuni cabang unggulannya," kata Menpora Andi Mallarangeng saat Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Kebijakan Nasional Pembangunan Bidang Kepemudaan dan Olahraga di Manado, Senin malam.

Selain itu, kata Menpora, jenis-jenis olahraga yang ditangani oleh Pusat Pelatihan dan Pendidikan Pelajar (PPLP) di daerah juga perlu dievaluasi kembali. "Sudah lama tidak disesuaikan," kata mantan juru bicara presiden itu.

Menurut Andi, banyak PPLP yang menangani olahraga yang sebenarnya tidak berkembang dan tidak berprestasi di daerah tersebut. "Cabang olahraga yang tidak berkembang di PPLP lebih baik ditutup saja. Cari cabang olahraga yang memberikan prestasi," kata Menpora pada acara yang dihadiri pejabat Dinas Pemuda dan Olahraga seluruh Indonesia.

Menpora juga mewacanakan menjadikan PPLP sebagai sekolah olahraga. "Dulu kita ada Sekolah Guru Olahraga dan Sekolah Menengah Olahraga Atas," katanya.

Andi mengatakan bahwa ia telah membicarakan sekolah olahraga itu dengan Mendikbud.

Menpora mengatakan saat ini sudah ada beberapa daerah yang fokus pada cabang-cabang tertentu dan berhasil hingga tingkat internasional. Contohnya Bojonegoro yang mengembangkan panahan, Lampung serius menangani angkat besi, sebuah kabupaten di Sumut mengembangkan karate dan sebuah kabupaten di Kalimantan Barat.

Namun, kata Menpora, saat ini hampir semua daerah berupaya untuk membesarkan olahraga sepak bola bahkan dengan membuat stadion yang mahal.

"Pernah suatu daerah minta dibangunkan stadion sepak bola. Setelah saya tanya ternyata daerah tersebut mempunyai potensi dayung. Namun fasilitas dayung masih minim. Ini harus dibenahi," kata Menpora.

(U002/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga