Kamis, 18 September 2014

Pakar wirausaha Inggris berbagi kiat usaha

Kamis, 12 Juli 2012 15:15 WIB | 5.603 Views
Pakar wirausaha Inggris berbagi kiat usaha
Steve Taylor (tengah) mengembangkan usaha kecil dan wirausaha kreatif digital dalam jaringan global di Inggris, Irlandia, Amerika, Skandinavia, Baltik, Spanyol, Jerman, Singapura dan China.(ANTARA/Monalisa)
Jakarta (ANTARA News) - Pakar Kewirausahaan Inggris, Steve Taylor, berbagi kiat memulai wirausaha bagi pelaku usaha pemula.

Menurut Steve, hal pertama yang harus dilakukan untuk membuka usaha adalah mengupayakan sesuatu yang dibutuhkan oleh orang lain.

"Apa yang berguna dan menguntungkan untuk orang. Setelah itu, kita pikirkan modalnya," kata Steve yang juga CEO Digiogi Ltd di Jakarta, Kamis.

Pelaku usaha pemula, lanjut dia, juga harus memikirkan potensi produk dan dan talenta yang dia miliki untuk menjadi wirausahawan.

"Talenta yang dimiliki wirausahawan menjadi motivasi penting untuk mendukung agar wirausaha berkembang," tambah pengembang usaha kecil wirausaha kreatif digital itu.

Dia menjelaskan pula bahwa kemampuan kreatif pelaku usaha sangat penting dalam pembangunan dan pengembangan wirausaha.

Perancang desain terkemuka Indonesia, Edward Hutabarat, menambahkan, kreatifitas dan identitas dalam sebuah karya sangat penting untuk meningkatkan daya saing.

"Untuk bersaing di dunia internasional, identitas itu penting. Kita harus mulai dari akarnya. Produk yang unggul itu memiliki identitas dan kreatifitas," kata Edward.

Selain itu, menurut Steve, bisnis apapun yang ingin dilakukan harus direncanakan dalam jangka panjang dan bisa memberikan pengaruh yang baik pada komunitas sekitar.

(M047)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga