Selasa, 16 September 2014

Siman: target ikut empat kali olimpiade

Jumat, 13 Juli 2012 21:07 WIB | 2.590 Views
Siman: target ikut empat kali olimpiade
I Gede Siman Sudartawa (ANTARA/Rosa Panggabean)
Jakarta (ANTARA News) - Atlet renang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa, yang akan terjun di Olimpiade London 2012 memiliki target untuk terus berpartisipasi dalam Olimpiade sebanyak empat kali.

"Saya kan masih muda, di umur 17 tahun sudah masuk olimpiade. Targetnya empat kali ikut Olimpiade," kata perenang asal Klungkung, Bali, 8 September 1994, Jumat.

"Saya ingin berusaha ikut Olimpiade sampai umur 30 tahun, mengalahkan rekor Richard Sambera," tambahnya.

Siman, yang ditemu usai upacara pengukuhan kontingen Indonesia untuk Olimpiade London 2012, menargetkan masuk peringkat 16 besar lewat pencapaian waktu 54.6 detik sementara waktu terbaik yang telah ia raih sampai saat ini sebesar 55.32 detik. Ia akan berlaga di ajang olahraga paling prestisius itu pada tanggal 28-29 Juli nanti untuk nomor 100 meter gaya punggung.

"Dari pengalaman olimpiade nanti, saya akan mencari pengalaman dan strategi bertanding," katanya.

Siman juga menjadi salah satu perwakilan dari Asia Tenggara yang ikut Olimpiade lewat jalur undangan dari Federasi Renang Internasional (FINA) atau tanpa "wildcard" selain Singapura dan Malaysia. Saat ini, ia bertengger di peringkat enam untuk kategori limit B.

"Deg-degan juga karena baru pertama kali ke London, belum tahu iklimnya," kata Siman yang akan berangkat ke London pada 22 Juli mendatang.

Menjelang dua minggu pertandingan, Siman tengah melakukan persiapan ekstra untuk meningkatkan kekuatan dan kecepatan. Ia menjalani rangkaian latihan fisik seperti fitnes dan renang menggunakan alat katrol air.

"Minggu ini latihan paling berat untuk meningkatkan kekuatan tangan dan kaki serta kecepatan," kata Siman yang memulai renang sejak kelas 2 SD itu.

(M047)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga