Rabu, 1 Oktober 2014

Kebakaran hutan ancam habitat beruang kutub di Kanada

Jumat, 17 Agustus 2012 15:53 WIB | 1.613 Views
Kebakaran hutan ancam habitat beruang kutub di Kanada
Dokumen foto beruang kutub mengeringkan badan di Kebun Binatang Felicien di St-Felicien, Quebec, Kanada. (REUTERS/Mathieu Belanger)
"Itu bukan lingkungan tempat hutan terbiasa dengan kebakaran."
Washington  (ANTARA News/Reuters) - Kebakaran hutan akibat petir di dekat Teluk Hudson, Kanada, mengancam habitat beruang kutub, yang menggerayangi akar pohon tua dan tanah beku tempat hewan betina membuat sarang mereka, kata seorang ahli pelestarian alam mengenai beruang besar berbulu putih.

Beruang kutub sangat terancam oleh pencairan es di laut, yang mereka gunakan sebagai landasan untuk berburu anjing laut, santapan utama mereka. Namun, beruang yang hidup di dekat Teluk Hudson menghabiskan musim panas dengan beristirahat di pantai ketika es di teluk tersebut mencair, dan tinggal di sarang yang mereka gali di tanah beku di antara akar pohon cemara.

Kebakaran di daerah itu jarang terjadi, kata Steven Amstrup, mantan ahli beruang kutub di U.S. Geological Survey dan kini menjadi kepala ilmuwan di organisasi nir-laba, Polar Bears International.

"Itu adalah lingkungan hidup yang basah dan dingin yang tak sering terbakar," kata Amstrup melalui telepon dari Negara Bagian Washington, sebagaimana dilaporkan Reuters. "Itu bukan lingkungan tempat hutan terbiasa dengan kebakaran."

Udara yang sangat panas dan kering di Manitoba, Kanada, dan sambaran petir mengakibatkan beberapa kebakaran di Wapusk National Park, yang dikenal sebagai sarang beruang kutub, pada Juli, kata Petuas Manitoba Conservation Daryll Hedman.

Temperatur tinggi pekan ini di Churchill, Manitoba, ialah 15 sampai 18 derajat Celsius, dan pada malam hari temperatur berada di atas titik beku. U.S. National Snow and Ice Data Center menunjukkan di dalam satu peta mengenai lapisan Es Kutub Utara yang disiarkan pekan ini bahwa sebagian besar Teluk Hudson tak memiliki es.

Beruang kutub betina di populasi Teluk Hudson barat menggunakan sarang mereka di bawah lapisan akar pohon yang tumbuh dari tanah beku di sepanjang tepi sungai dan danau. Sebagian sarang telah digunakan selama lebih dari 100 tahun.
(Uu.C003)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga