Sabtu, 20 Desember 2014

Asal bos Bank Dunia Nigeria vs Amerika

| 1.295 Views
id bank dunia, nigeria, amerika, kandidat
Washington (ANTARA News) - Jose Antonio Ocampo dari Kolombia mundur dari persaingan untuk memimpin Bank Dunia sehingga keputusannya ini menyisakan Ngozi Okonjo-Iweala dari Nigeria menantang kandidat dari Amerika Serikat yang diistimewakan.

"Jelas bahwa ini tidak didasarkan pada kelayakan dari calon tetapi sebuah `political exercise`," kata mantan menteri keuangan Kolombia dalam sebuah pernyataan kepada publik.

Ocampo juga menyalahkan kurangnya dukungan resmi dari pemerintahnya sendiri, dengan mengatakan bahwa hal itu menghambat kemampuannya untuk menggalang dukungan dari negara lain.

Selalu dianggap sebagai kuda hitam dalam perlombaan tiga calon, Ocampo mengatakan ia akan memberikan dukungan kepada Menteri Keuangan Nigeria dan veteran Bank Dunia, Okonjo-Iweala dengan harapan itu bisa mempesatukan "satu calon negara-negara berkembang."

Sebelumnya Menteri Keuangan Brazil Guido Mantega mengindikasikan kelompok negara berkembang besar BRICS -- Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan -- akan mendukung calon tunggal pada Jumat malam.

"Kami akan mengambil posisi bersama dengan BRICS, membuat pilihan bersama," kata Mantega.

Tetapi rencana itu tampaknya terganggu ketika Rusia pecah dari barisannya, karena Kim didukung Rusia setelah ia mengunjungi Moskow.
(A026)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga