Selasa, 16 September 2014

Komentar para siswa atas hari pertama UN

Senin, 16 April 2012 15:05 WIB | 978 Views
Jakarta (ANTARA News) - Para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Jakarta atau biasa disebut SMA Budi Utomo  optimis mengerjakan soal-soal ujian nasional (UN) Bahasa Indonesia.

"Saya yakin 70 persen bisa mengerjakan soal-soal Bahasa Indonesia," kata Bintang Elita, siswi kelas jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 1, selepas mengikuti UN Bahasa Indonesia, Senin.

Namun, Bintang mengatakan sejumlah soal yang dihadapinya berbeda dengan soal-soal pada uji coba UN yang diselenggarakan pihak sekolah.

"Iya, optimistis bisa mengerjakan matapelajaran berikutnya," kata siswi yang ingin mengambil jurusan psikologi atau arsitektur di perguruan tinggi itu tentang matapelajaran UN lain.

Siswa lain, Brian G. Alvianto, justru mengatakan soal-soal Bahasa Indonesia yang keluar di UN mirip dengan soal-soal uji coba dari sekolah.

"Seratus persen yakin dengan jawaban-jawaban tadi," kata siswa kelas Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 1 itu tentang jawaban UN matapelajaran Bahasa Indonesia.

Selain Bahasa Indonesia, Brian mengaku yakin mampu melahap soal-soal matapelajaran Sosiologi, Matematika, dan Geografi.

Sementara siswi kelas IPS 3, Mercy Putri, mengatakan sebagian soal UN Bahasa Indonesia sesuai dengan soal uji coba dari sekolah.

"Ada soal yang saya jawabnya rancu antara 'a' atau 'c'," kata Mercy mengutarakan kebingungannya ketika mencermati pilihan jawaban.

Siswi yang ingin kuliah di jurusan Jurnalistik atau Sastra Inggris itu mengatakan keyakinannya mengerjakan soal UN matapelajaran Ekonomi, Bahasa Inggris, dan Matematika, selain Bahasa Indonesia.

Bintang, Brian, Mercy dan siswa-siswa SMA N 1 Jakarta lain telah dibekali uji coba penyelenggaraan UN sebanyak 10 kali dari sekolah untuk penguasaan materi.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA N 1 Jakarta, Ubaidillah Rachmat, mengatakan kelulusan siswa pada ujian nasional 2011 mencapai 100 persen dengan sekitar 300 siswa.

"Total nilai rata-rata UN 2011, delapan untuk seluruh kelas dan kami menempati peringkat ke-15 untuk seluruh SMA Negeri di DKI Jakarta," kata Rachmat.
(I026)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga