Selasa, 21 Oktober 2014

Badan promosi pariwisata Indonesia fokus tiga strategi

| 5.219 Views
id strategi pariwisata Indonesia, program kunjungan wisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Badan promosi pariwisata Indonesia fokus tiga strategi
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar (FOTO ANTARA)
Kita harus proaktif dalam mempromosikan dunia pariwisata.
Jakarta (ANTARA News) - Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) akan fokus pada tiga strategi pokok sebagai upaya untuk meningkatkan pariwisata di Indonesia baik untuk wisatawan mancanegara maupun untuk wisatawan nusantara.

"Kita harus proaktif dalam mempromosikan dunia pariwisata," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, dalam acara sosialisasi BPPI di Kantor Kemenparekfaf, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, untuk itu diharapkan BPPI dapat berfokus pada tiga strategi pokok yaitu "low season", ekonomi kreatif, dan turisme hijau.

Ia memaparkan, "low season" adalah program untuk menarik kunjungan wisata baik domestik maupun internasional guna mengisi periode musim sepi wisatawan yang biasanya jatuh pada periode Januari-Maret dan Oktober-Desember.

Sedangkan strategi ekonomi kreatif adalah meningkatkan beragam kegiatan yang berbasis pariwisata atau berhubungan dengan industri kreatif termasuk berbagai pameran, lomba, konferensi, dan pelatihan kampanye melalui media.

"`Green tourism` (turisme hijau) adalah semua jenis kegiatan yang berbasis pariwisata alam yang dilaksanakan untuk menarik wisatawan, terkait dengan kampanye peduli lingkungan hidup," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum BPPI Yanti Sukamdani mengatakan, industri pariwisata nasional juga mengutarakan rasa senangnya atas telah terbentuknya BPPI.

Menurut Yanti Sukamdani, dengan BPPI maka diharapkan promosi pariwisata Indonesia dapat lebih maksimal lagi.

Selain itu, lanjutnya, BPPI juga diharapkan dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata terkemuka di Asia dan dunia.

(M040)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga