Jumat, 24 Oktober 2014

Bentrok massa warnai Hari Pattimura

| 7.123 Views
id bentrok massa, hari Pattimura

Ambon (ANTARA News) - Bentrokan massa hari Selasa kembali terjadi di Kota Ambon disaat masyarakat sedang memperingati hari pahlawan nasional Thomas Matulessy alias Pattimura di Ambon, Selasa.

Lebih dari 11 kendaraan roda dua dibakar dan korban luka-luka diperkirakan mencapai puluhan orang.

Bentrokan ini bermula dari iring-iringan rombongan penari cakalele yang membawa obor Pattimura dari Negeri Batumerah akan diserahkan secara estafet ke masyarakat Mardika namun tanpa diduga terjadi keributan dengan warga yang sedang berdiri di tepi jalan.

Akibatnya obor-obor bambu yang dibawa rombongan penari ini dilemparkan ke arah penonton mengakibatkan sejumlah orang mengalami luka bakar dan dalam sekejap mata sudah terjadi aksi saling lempar dengan batu dan benda keras lainnya.

"Saya terkena lemparan obor di bagian pinggan hingga terbakar dan satu rumah di perbatasan dua negeri ini juga terbakar," kata Rein Leohena, salah satu korban di RS Bhakti Rahayu Ambon.

Menurut Rein, sejumlah penonton juga terkena luka di tangan dan kaki akibat terkena sabetan benda tajam berupa parang yang diselipkan dalam bambu.

Ratusan personil Brimob, Dalmas, Shabara dan TNI Angkatan Darat dilengkapi peralatan lengkap dan kendaraan taktis seperti water canon, mobil barakuda serta panser berusaha menghalau massa dari kawasan jalan Jenderal Sudirman hingga jalan Rijali.

Meski dilempari massa, Kasdam XVI/Pattimura terlihat turun langsung ke TKP untuk memimpin anak buahnya melakukan pengamanan.

Sementara Ketua Sinode GPM, Pendeta John Ruhulessin berulang kali memenangkan massa dan mengimbau mereka untuk tidak melakukan tindakan anarhis, termasuk melakukan pemblokiran jalan, membakar ban atau melemparai aparat keamanan.

(D008/K-JA/b/a011)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga