Sabtu, 20 September 2014

Simpang siur, nasib 12.000 TKI di Suriah

Selasa, 19 Juni 2012 19:41 WIB | 4.778 Views
Simpang siur, nasib 12.000 TKI di Suriah
TKI yang bekerja di Suriah (FOTO ANTARA/Muhammad Deffa)
Blitar (ANTARA News) - Migrant Care mengatakan nasib sekitar 12.000 orang tenaga kerja asal Indonesia (TKI) di Suriah sampai saat ini belum jelas, sehingga pemerintah harus mencari jalan untuk mengetahui kabar dan memulangkan mereka ke Indonesia.

"Jumlah TKI di Suriah cukup banyak, bisa mencapai 12.600 orang. Sampai saat ini, baru 64 yang dipulangkan ke Indonesia," kata Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah, saat ditemui dalam acara dialog publik tentang peran pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan hak-hak buruh migran dan keluarganya, di Pendopo Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Selasa.

Ia mengatakan, sampai saat ini masih ada 40 TKI yang sudah berhasil ditampung di Kedutaan Besar RI (KBRI) Suriah. Krisis di negara tersebut membuat nasib TKI lainnya menjadi tak tentu.

"Pemerintah harus terus melakukan upaya untuk memulangkan TKI dan jangan puas dengan hasil yang sudah diperoleh. Pastikan dulu nasib 12.000 yang masih berada di sana, untuk mengetahui dengan pasti kontrak serta berupaya untuk memulangkan TKI di negara itu," katanya menegaskan.

"Pemerintah masih (bersifat) reaktif dan baru bertindak kalau media memberitakan, tapi ketika tidak ada TKI yang bermasalah, tidak ada respon. Kultur seperti itu harusnya tidak ada," ujarnya.
(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga