Kamis, 23 Oktober 2014

Presiden dijadwalkan bertolak menuju Brazil

| 3.174 Views
id ktt rio+20, konferensi pembangunan berkelanjutan, kt g-20, presiden yudhoyono
Presiden dijadwalkan bertolak menuju Brazil
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (ANTARA)
Kunjungan kenegaraan Presiden Yudhoyono ke Ekuador diharapkan dapat memperkokoh hubungan dan meningkatkan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang. Ekuador adalah salah satu negara penting di kawasan Amerika Selatan,"
Los Cabos (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono dijadwalkan melanjutkan perjalanan menuju ke Rio de Janeiro, Brazil guna meningkuti Konferensi Tingkat Tinggi Rio+20.

Kepala Negara dan rombongan akan bertolak dari Los Cabos, Meksiko, Selasa malam waktu setempat segera setelah menyelesaikan rangkaian pertemuan G-20.

Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah sebelumnya mengatakan bahwa Presiden akan berada di Brazil untuk menghadiri KTT Pembangunan Berkelanjutan Rio+20, pada 20 Juni hingga 22 Juni.

KTT itu diselenggarakan untuk mengevaluasi berbagai kemajuan dan kendala dalam pencapaian sustainable development dalam 20 tahun sejak United Nations Conference on Environment and Development 1992 di Rio de Janeiro, dan dalam 10 tahun sejak World Summit on Sustainable Development tahun 2002 di Johannesburg.

Selain menghadiri sesi pleno KTT Rio+20, Presiden juga dijadwalkan untuk memberi sambutan di beberapa side events seperti, Conference on Green Economy, Leaders Valuing Nature: A Celebration of Commitments, dan menyampaikan pidato kunci pada acara UNESCAP Regional Commissions Joint Side Event.

Presiden Yudhoyono juga direncanakan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan. Usai dari Brazil, Presiden akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Ekuador.

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama kali yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia semenjak hubungan diplomasi kedua negara dibuka pada 29 April 1980, dan merupakan kunjungan balasan atas kedatangan Presiden Ekuador ke Indonesia pada 2007.

Selama di Ekuador, Presiden Yudhoyono akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Ekuador Rafael Correa Delgado, dan kunjungan kehormatan kepada Ketua Presiden Parlemen Ekuador Fernando Cordero.

"Kunjungan kenegaraan Presiden Yudhoyono ke Ekuador diharapkan dapat memperkokoh hubungan dan meningkatkan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang. Ekuador adalah salah satu negara penting di kawasan Amerika Selatan. Ekuador juga merupakan salah satu anggota FEALAC, sebuah forum kerja sama negara-negara Asia Timur dan Amerika Latin," kata Faizasyah.

Ia menambahkan, "Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono beserta rombongan akan tiba di Tanah Air pada Selasa, 26 Juni 2012."
(ANT)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga