Sabtu, 2 Agustus 2014

Keraton Yogyakarta serahkan perlengkapan labuhan Merapi

Rabu, 20 Juni 2012 13:15 WIB | 3.323 Views
Keraton Yogyakarta serahkan perlengkapan labuhan Merapi
Upacara adat Labuhan Merapi Gunung tahun ini kembali digelar.(www.flicker.com)
Sleman (ANTARA News) - Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta pada Rabu menyerahkan uba rampe atau perlengkapan Labuhan Ageng Merapi kepada juru kunci Gunung Merapi, Mas Lurah Ki Surakso Sihono, di Pendopo Kecamatan Cangkringan.

Utusan Keraton Yogyakarta Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Widyo Dipuro mengatakan Labuhan Merapi digelar rutin setiap tahun bertepatan dengan peringatan hari kelahiran Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku penguasa Keraton Yogyakarta.

"Seluruh uba rampe Labuhan Merapi yang diserahkan itu merupakan barang-barang pribadi yang paling disukai Sultan Hamengku Buwono X. Ini membuktikan bahwa beliau tidak semata-mata memikirkan kesenangan duniawi," katanya.

Uba rampe labuhan terdiri atas sembilan macam yaitu Sinjang Kawung, Sinjang Kawung Kemplang, Desthar Daramuluk, Desthar Udaraga, Semekan Gadung Mlati, Semekan Gadung, Seswangen, Arta Tindih, dan Kampuh Paleng.

Ia menjelaskan, prosesi ritual labuhan tidak akan berbeda dengan ritual labuhan sebelum gunung api itu meletus.

"Tidak ada perbedaan dan hanya masalah tempat saja yang berbeda karena tempat yang dulu saat ini kondisinya rusak parah dan belum memungkinkan untuk digunakan," katanya.

Ia menjelaskan, Labuhan Merapi dilakukan sebagai ungkapan syukur Sultan dan pihak keraton kepada Tuhan, serta penghormatan bagi leluhur yang menjaga Gunung Merapi.

"Supaya ada komunikasi dan harmonisasi antara alam dan manusia," katanya.

Juru kunci Gunung Merapi akan menyemayamkan perlengkapan Labuhan Merapi selama sehari di kediamannya, Plosokerep, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman.

(V001)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Terpopuler
Baca Juga