Kamis, 28 Agustus 2014

Kemenkeu siapkan tim seleksi pegawai OJK

Jumat, 22 Juni 2012 19:24 WIB | 3.624 Views
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Keuangan menyiapkan tim seleksi pegawai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada masa transisi menjelang operasional organisasi tersebut mulai 2013.

"Itu nanti bersama-sama, ada tim gabungan dari Sekretaris Jenderal, Bapepam LK dan dilihat supervisi oleh Wakil Menteri," ujar Sekretaris Jenderal Kementrian Keuangan, Kiagus Badaruddin di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, tim ini akan menilai kelayakan pegawai Kementerian Keuangan untuk menempati posisi dalam lembaga yang baru terbentuk dan memiliki fungsi pengawasan terhadap industri keuangan di Indonesia ini.

Ia memastikan para pegawai tersebut tidak hanya berasal dari Bapepam LK yang sehari-hari memiliki tugas untuk mengawasi kinerja pasar modal.

"Sebagian besar pegawai yang ada di Bapepam, tapi tidak menutup kemungkinan kalau dilihat ada pegawai lain yang berpotensi mendukung suksesnya OJK," kata Kiagus.

Kiagus mengatakan tim ini akan bekerja secara efektif dalam dua bulan mendatang setelah para anggota Dewan Komisioner OJK dilantik oleh Presiden.

Sedangkan terkait anggaran OJK, Kiagus memastikan pemerintah telah menyiapkan anggaran operasional tersebut dalam APBN 2013.

"OJK untuk sementara dibiayai dari anggaran dulu untuk tahun-tahun pertamanya. Nanti (dicairkan) melalui persetujuan DPR," katanya.

Sebelumnya, Komisi XI DPR RI telah menetapkan tujuh anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK) dalam rapat internal fraksi.

Mereka adalah Muliaman Hadad yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua, kemudian enam nama terpilih melalui pemungutan suara yaitu Nelson Tampubolon, Nurhaida, Rahmat Waluyanto, Firdaus Djaelani, Ilya Avianti dan Kusumaningtuti Soetiono.

Dalam waktu dekat, DK-OJK mendapatkan tugas untuk mempersiapkan masa transisi sebelum mendapatkan pengalihan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan non bank dari Bapepam LK pada 2013.
(S034/B008)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca