Sabtu, 1 November 2014

Ke mana gading gajah dikirim?

| 7.271 Views
id gading gajah, perburuan gajah, CITES, ETIS, IUCN
Ke mana gading gajah dikirim?
Gading gajah Sumatera (ANTARA/FB Anggoro)
Malaysia, Filipina, dan Vietnam diyakini menjadi tempat transit penyelundupan gading...
Jakarta (ANTARA News) - Gajah di Afrika dan Asia terus diburu karena gadingnya. Berdasarkan data pengiriman kontainer yang berisi gading gajah, China dan Thailand adalah dua negara tujuan utama gading gajah-gajah nan malang.

IUCN (International Union for Conservation of Nature) melaporkan sebagian besar penyelundupan gading gajah meninggalkan benua Afrika melalui pelabuhan Samudera Hindia yang terletak di negara-negara Afrika sebelah timur, terutama Kenya dan Tanzania.

Sejak terbongkarnya tempat penyimpanan gading gajah pada tahun 2009, Malaysia, Filipina, dan Vietnam diyakini menjadi tempat transit penyelundupan gading sebelum dikirim ke China dan Thailand.

Beberapa negara Afrika dan Asia telah berusaha untuk mendorong penegakan hukum. Sebagai contoh, China telah melaksakan operasi yang menghasilkan penangkapan 1.366,3 kg gading gajah dan telah menangkap 13 tersangka.

Perburuan gajah untuk gadingnya terjadi paling banyak di negara yang lemah penegakan hukumnya, demikian lapor Monitoring the Illegal Killing of Elephants (MIKE), dan didorong oleh permintaan akan gading dari negara-negara Asia Timur.
(E012)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga