Jumat, 24 Oktober 2014

Schumacher kembali naiki podium F1

| 4.238 Views
id Michael Schumacher, formula 1, podium juara
Schumacher kembali naiki podium F1
Pebalap Formula Satu Michael Schumacher (REUTERS/Max Rossi)
Di mana posisi finis kita?
Valencia, Spanyol (ANTARA News) - Michael Schumacher membuat kejutan kemarin ketika mengakhiri perlombaan Formula Satu (F1) dengan naik ke podium--ini adalah untuk pertama kalinya dalam enam tahun terakhir.

Pebalap paling handal itu--yang mengoleksi tujuh gelar dunia dan 91 kemenangan selama masa kejayaannya--berada di urutan ketiga di atas Mercedes pada perlombaan Eropa Grand Prix di Valencia, sehingga ia merasakan kembali semprotan sampanye di bawah sinar matahari.

Pebalap Jerman yang pensiun dari olahraga glamour itu bersama Ferrari pada 2006, tapi kembali lagi ke lintasan lomba pada 2010, mengulang kembali kejayaan lamanya, sekaligus memupus kritikan yang bermunculan tahun lalu.

Schumacher, yang kini berusia 43 tahun, menjadi pebalap tertua yang naik podium setelah juara tiga kali dari Australia Jack Brabham, yang finis di urutan kedua pada 1970 ketika ia berusia 44 tahun.

Pada tahun 2010 Schumacher menyatakan niatnya kembali mengejar gelar juara, tetapi ia tidak pernah berada di urutan tiga besar alias tidak pernah naik podium setelah berlomba 45 kali.

"Saya bahkan tidak lagi memikirkan podium pada akhir perlombaan," katanya kepada wartawan setelah turun dari podium bersama sang juara pebalap Ferrari Fernando Alonso dan manan juara Ferrari Kimi Raikkonen, kini bersama Lotus.

Menambah suasana semarak seusai perlombaan itu, Ferrari mengajak mekanik Alonso, Andrea Stella, untuk bergabung dengan mereka--orang Italia yang sebelumnya bekerja dengan Raikkonen dan Schumacher dalam tim Italia itu.

"Ketika sudah melewati garis finis saya bertanya kepada anggota tim saya `Di mana posisi finis kita?`. Saya melihat ke catatan waktu (pebalap Australia Mark) Webber dan melihat mereka di urutan kedelapan dan ketujuh. Akhirnya saya mengerti bahwa saya berada di atas mereka," kata Schumacher.

"Kemudian teman tim saya mengatakan, `kita urutan ketiga...berarti kita naik podium`. Saya tidak percaya. Ini sesuatu yang tidak saya sangka. Saya tidak mengetahuinya karena saya terlalu sibuk dengan lomba saya," kata pebalap Jerman itu.

Ia terakhir kali naik podium ketika membalap di China pada Oktober 2006, yang juga merupakan kemenangannya yang terakhir.
(A008)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga