Minggu, 21 September 2014

Otsus Papua harus dirasakan hingga lapisan bawah

Rabu, 27 Juni 2012 22:10 WIB | 1.532 Views
Jakarta (ANTARA News) - Otonomi Khusus di Papua harus dirasakan hingga lapisan bawah, kata Menkopolhukam Djoko Suyanto di Jakarta, Rabu.

"Karena itu gubernur, walikota, dan bupati harus mengimplementasikan Otsus dalam hasil yang bisa diterima masyarakat paling bawah," kata Djoko dalam acara bincang-bincang "Merah Putih" kerja sama TVRI, RRI dan ANTARA yang tayang setiap Rabu malam.

Dia mengemukakan, setelah beberapa kali melakukan pertemuan dengan berbagai kalangan masyarakat Papua, ada kesan penjabaran implementasi Otsus itu belum menjangkau masyarakat paling bawah.

"Kewenangan teknis sudah diserahkan kepada daerah, sekarang tinggal bagaimana pelaksanaan di daerah," kata Djoko.

Dia juga menjelaskan sejak awal pemerintahan era Susilo Bambang Yudhoyono, presiden telah meninggalkan pendekatan militer terhadap masalah di Papua.

"Kalau ada peristiwa, itu bukan kebijakan yang dirancang, itu murni tataran operasional," kata Djoko lalu mengemukakan aparat telah punya hukum tegas bagi anggota mereka yang melanggar peraturan.

Dalam acara tersebut, pengamat militer Jaleswari Pramodhawardani mengingatkan semua pihak agar mengedepankan pendekatan lokal, budaya, kultural, serta dialog dengan tokoh adat dalam menyelesaikan masalah Papua.

"Papua itu menarik sebagai isu global, karena ada kepentingan-kepentingan global di situ. Misalnya, ada tambang di Papua," kata Jaleswari.
(A038)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga