Selasa, 23 Desember 2014

Pemkab Buleleng bentuk petugas keamanan laut

| 2.047 Views
id pemkab buleleng, petugas keamanan desa adat, pecalang, pecalang laut,
Pecalang laut segera bergabung dalam kelompok masyarakat pengawasan kawasan pesisir...
Singaraja (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali membentuk petugas keamanan desa adat (pecalang) khusus di laut, sebagai upaya mengamankan kawasan pesisir dari tindakan perusakan  menggunakan bahan peledak dalam menangkap ikan.

"Pecalang laut segera bergabung dalam kelompok masyarakat pengawasan kawasan pesisir, beranggotakan petugas adat dari desa-desa yang wilayahnya berbatasan dengan wilayah pesisir," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng, Nyoman Sutrisna di Singaraja, Jumat.

Ia mengatakan, pecalang laut itu melakukan pengawasan terhadap pelanggaran di kawasan pesisir pantai, sekaligus menerima laporan masyarakat jika ada yang mengaku tentang kasus pelanggaran di laut.

Petugas keamanan desa adat akan bergabung dalam kelompok masyarakat pengawas (pokmaswas), sekaligus menampung keluhan masyarakat di sepanjang pesisir pantai.

Pemkab Buleleng juga akan membangun tempat kerja para pokmaswas di beberapa lokasi pantai di Bali utara, ujar Nyoman Sutrisna yang juga merangkap sebagai Kelian Adat Desa Pakraman Buleleng itu..

Ia menambahkan, pembentukan pecalang laut sekaligus bagian dari implementasi pembangunan kawasan pesisir secara berkelanjutan berbasis partisipasi masyarakat lokal.

Upaya pembangunan kawasan pesisir secara berkelanjutan juga telah dimasukkan dalam suatu awig-awig (peraturan adat) di masing-masing desa di kawasan pesisir.
(MDE/I006)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga