Kamis, 21 Agustus 2014

Konflik Suriah ancam perdamaian internasional

Jumat, 6 Juli 2012 16:07 WIB | 2.501 Views
Konflik Suriah ancam perdamaian internasional
Francois Hollande. (REUTERS/Benoit Tessier)
Paris (ANTARA News/AFP) - Konflik Suriah menjadi ancaman perdamaian dan keamanan internasional dan Rusia diserukan untuk mendukung perubahan pemerintaham Damaskus, kata Presiden Prancis, Francois Hollande, dalam pertemuan "Sahabat-Sahabat Suriah", Jumat.

"Tidak dapat diperdebatkan lagi bahwa krisis ini menjadi satu ancaman pada perdamaian dan keamanan internasional," ujarnya dalam pertemuan internasional yang tidak dihadiri dua negara sekutu Suriah, yakni Rusia dan China.

Ia mengemukakan, "Jadi, kita harus membuat keputusan-keputusan. Presiden Bashar al-Assad harus mundur. Satu pemerintah transisi harus dibentuk. Ini adalah keinginan semua pihak."

"Kepada mereka yang mempertahankan pemerintah Bashar, seperti juga mereka yang tidak suka terhadapnya, dapat mencegah kekacauan. Saya mengemukakan kepada mereka, baik yang pro-pemerintah maupun yang anti sama-sama tidak suka pada kekacauan. Dan, kekacauan ini akan mengancam kepentingan-kepentingan mereka," katanya.

Rusia, yang memiliki pelabuhan angkatan laut di Mediterania di Suriah, dua kali menghambat tindakan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengambil keputusan mengenai konflik Suriah.
(Uu.H-RN/Z002)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga